ADVERTISEMENT

Round-Up

Perintah Anies Minta Cari Sosok Tunawisma yang Ditemui Risma

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 07 Jan 2021 06:10 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memenuhi undangan Polda Metro Jaya untuk klarifikasi soal kerumunan di acara Habib Rizieq Shihab, Selasa (17/11/2020).
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memerintahkan jajarannya mencari sosok tunawisma yang ditemui Mensos Tri Rismaharini (Risma) di kawasan Sudirman-Thamrin. Ditemukan adanya tunawisma ini terjadi saat Risma melakukan blusukan.

Awalnya, Risma blusukan menyusuri jalur pedestrian Jalan Thamrin, Jakarta Pusat. Risma bertemu dengan tiga tunawisma. Risma mengajaknya tinggal di tempat penampungan.

"Yang pertama ingin melakukan pemetaan permasalahan-permasalahan sosial yang aktual dan faktual. Sehingga Ibu--istilahnya dengan blusukan--melihat beberapa titik itu sebetulnya ingin memotret sejauh mana permasalahan-permasalahan sosial yang ada dan berkembang saat ini, yang memiliki urgensi untuk segera ditangani kan itu," kata Kepala Bagian Publikasi dan Pemberitaan Kemensos Herman Kuswara saat dihubungi detikcom, Senin (4/1).

Menanggapi blusukan Risma, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan, dirinya dan juga Gubernur Anies memerintahkan Dinas Sosial untuk mengecek sosok tunawisma yang ditemui Risma.

Gubernur DKI Anies Baswedan didampingi Wagub Riza Patria saat memberikan pesan untuk seluruh ASN di Pemprov DKIGubernur DKI Anies Baswedan didampingi Wagub Riza Patria (Foto: Tangkapan Layar)

"Kami, saya, Pak Gubernur memerintahkan langsung Kadinsos untuk mengecek siapa orangnya, kenapa ada di situ. Setahu kami jalan ke Jalan Sudirman-Thamrin itu cukup jauh. Kalau ada di pinggiran-pinggiran, ada betul," ujar Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (6/1/2021).

Secara pribadi, Riza mengaku baru mendengar ada tunawisma di Sudirman-Thamrin. Pengakuan ini didasari karena ia sudah dari kecil hidup di Jakarta.

"Terkait dengan adanya tunawisma di Jalan Sudirman-Thamrin, memang saya sendiri sudah hidup di Jakarta sejak umur 4 tahun baru dengar ada tunawisma di Jalan Sudirman Thamrin," ujar Riza.


Bagaimana tanggapan Kementerian Sosial? Cek halaman selanjutnya...

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT