ADVERTISEMENT

Ditawari Tempat Tinggal oleh Mensos Risma, Tunawisma Ini Kabur

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Selasa, 05 Jan 2021 12:30 WIB
Risma Mensos
Mensos Risma saat blusukan. (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini alias Risma menawarkan tempat tinggal untuk 3 tunawisma saat blusukan di Thamrin, Jakarta Pusat. Tetapi, satu di antaranya malah kabur saat tim Kemensos kembali ke lokasi untuk membawa para tunawisma.

"Iya itu kan beliau (Fitri) nggak ada di tempat. Pas diambil nggak ada di tempat. Jadi yang ada itu yang hanya dibawa 2 orang. Satu atas nama Pak Kastubi, 59 tahun, yang kedua Pak Faisal. Itu yang dibawa sekarang berada di Balai Rehabilitasi Sosial Bina Karya Pangudi Luhur, Bekasi. Kan gitu," ujar Kepala Bagian Publikasi dan Pemberitaan Kemensos Herman Koswara saat dihubungi detikcom, Selasa (5/1/2021).

Herman mengungkapkan bahwa Fitri melarikan diri. Menurutnya, kemungkinan besar tunawisma tersebut takut atau tidak bersedia pindah tempat tinggal.

"Kalau yang satu orang melarikan diri. Dia mungkin ketakutan atau nggak bersedia. Kan kita nggak boleh nangkap karena bukan Satpol PP," terangnya.

Meski demikian, Kemensos enggan memaksa tunawisma yang menolak bantuan dari Mensos Risma itu. Mereka mengutamakan tunawisma yang bersedia dibina.

"Iya tidak pemaksaan karena kita bukan Satpol PP gitu. Tapi istilahnya kita Kemensos ingin memberikan ruang bagi mereka yang bersedia untuk dibina. Karena pembinaan itu kan penyadaran dulu, bukan pemaksaan," pungkas Herman.

Seperti diketahui, saat menyusuri kawasan Thamrin, Risma sempat bertemu dengan 3 orang tunawisma dan mengajaknya ke tempat penampungan. Salah satu tunawisma yang ditemui bernama Fitri. Selain mengaku tak punya rumah, Fitri diduga memiliki penyakit kusta.

"Ibu mau ikut saya ya. Nanti saya kasih tempat tinggal. Mau ya? Mau? Tapi Ibu jangan ke mana-mana. Nanti ada yang jemput," kata Risma dalam keterangan tertulis, Senin (4/1).

Namun, saat mobil petugas datang, Fitri sudah tidak ada di tempat. Hanya tersisa 2 tunawisma lainnya, yakni Faisal dan Kastubi.

(dkp/dkp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT