Round-Up

Penjara 15 Tahun untuk Predator Seks Eks Pengurus Gereja

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 07 Jan 2021 05:22 WIB
Cabuli Anak di Bawah Umur, Pengurus Gereja di Depok Ditangkap Polisi
SM, eks pengurus gereja yang divonis 15 tahun penjara atas kasus pencabulan anak di bawah umur.(Mei Amelia/detikcom)
Depok -

Eks pengurus gereja di Depok berinisial SM (42) divonis bersalah atas pencabulan terhadap dua orang bocah putra altar. Predator seks itu divonis 15 tahun penjara atas perbuatan bejatnya itu.

"Menjatuhkan pidana penjara 15 tahun dan denda Rp 200 juta dengan ketentuan apabila tidak dibayar diganti pidana kurungan 3 bulan," kata pejabat Humas PN Depok Nanang Herjunanto mengutip petikan sidang vonis, Rabu (6/1/2021).

Sebelum terdakwa divonis bersalah di Pengadilan Negeri (PN) Depok, kasus ini berjalan panjang. Pihak gereja bahkan melakukan investigasi internal sebelum akhirnya memutuskan melaporkan SM ke pihak kepolisian.

Dirangkum detikcom, kasus ini terkuak setelah polisi menerima laporan dari pihak gereja pada Juni 2020 silam. Awalnya, pihak gereja menaruh kecurigaan akan perilaku SM.

Pihak gereja saat itu mendadak melakukan investigasi internal. Kapolresta Depok Kombes Azis Andriansyah saat itu menyebut, SM dicurigai karena kerap mengajak anak-anak berusia belasan tahun ke dalam ruangan perpustakaan di lingkungan gereja.

"Ada beberapa anak diajak ke ruang tertutup dan dikunci," kata Azis Andiansyah saat jumpa pers di Mapolresta Depok, Jl Margonda Raya, Depok, Senin (15/6/2020).

Atas hal ini, pihak gereja melakukan penyelidikan secara internal. Sebelum melangkah ke kepolisian, pengurus gereja menginterogasi 2 orang anak yang diduga sebagai korban.

"Secara internal, pengurus nanya ke anak-anak itu, kemudian anak-anak itu cerita lah, " lanjutnya.

Dari hasil investigasi internal itu, pihak gereja kemudian melapor ke Polresta Depok. Polisi pun bergerak cepat dan menangkap pelaku serta menetapkannya sebagai tersangka.

"Pihak gereja juga tidak tahu, kalau tahu tidak mungkin dia dijadikan sebagai pengurus. Justru karena kecurigaan pihak gereja inilah akhirnya diketahui," tuturnya.


Halaman selanjutnya, SM pernah menjadi korban pelecehan di masa kecil.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4