Eks Pengurus Gereja di Depok Divonis 15 Tahun Bui atas Pencabulan Bocah

Rahmat Fathan - detikNews
Rabu, 06 Jan 2021 19:45 WIB
Cabuli Anak di Bawah Umur, Pengurus Gereja di Depok Ditangkap Polisi
SM, eks pengurus gereja di Depok yang mencabuli bocah. (Mei Amelia/detikcom)
Depok -

Pengadilan Negeri (PN) Depok menjatuhkan vonis 15 tahun penjara kepada terdakwa pencabulan SM (42), eks pengurus gereja di Depok. SM terbukti secara sah dan meyakinkan mencabuli anak di bawah umur, yang merupakan putra altar di gereja tersebut.

"Menjatuhkan pidana penjara 15 tahun dan denda Rp 200 juta dengan ketentuan apabila tidak dibayar diganti pidana kurungan 3 bulan," kata pejabat Humas PN Depok Nanang Herjunanto mengutip petikan sidang vonis, Rabu (6/1/2021).

Sidang digelar secara tertutup di PN Depok, Jl Boulevard, Grand Depok City, Kalimulya, Cilodong, Depok, Rabu (6/1/2021) siang tadi.

Majelis hakim juga memerintahkan SM membayar restitusi kepada korban berinisial YJG sebesar Rp 6.524.000. Tak hanya itu, SM juga harus membayar restitusi kepada korban lainnya yang berinisial BA sejumlah Rp 11.520.639.

"Dengan ketentuan, apabila tidak dibayar, diganti dengan pidana kurungan 3 bulan," imbuh Nanang.

Adapun kasus tersebut berawal dari kecurigaan pengurus gereja yang menerima adanya informasi dugaan pencabulan. Pihak gereja kemudian melakukan penyelidikan secara internal.

Selanjutnya, ditemukan fakta telah adanya perbuatan pencabulan. Pihak gereja pun melaporkan hal itu ke polisi. SM juga telah diberhentikan dari gereja.

Simak penjelasan pihak gereja soal ihwal pencabulan pelaku di halaman selanjutnya....

Selanjutnya
Halaman
1 2