Klaim Habib Rizieq Didukung Pemprov DKI soal Prokes Tuai Polemik

ADVERTISEMENT

Round-up

Klaim Habib Rizieq Didukung Pemprov DKI soal Prokes Tuai Polemik

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Selasa, 05 Jan 2021 21:02 WIB
Habib Rizieq Pulang, Picu Kerumunan, Lalu Ditahan (Infografis detikcom)
Habib Rizieq (Infografis detikcom)
Jakarta -

Pengakuan Habib Rizieq Shihab (HRS) didukung Pemprov DKI Jakarta untuk menjaga protokol kesehatan (prokes) saat acara pernikahan dan Maulid Nabi di Petamburan, Jakarta Pusat, menuai polemik. Klaim Habib Rizieq itu dipatahkan pihak Pemprov DKI Jakarta.

Pernyataan tersebut sebelumnya disampaikan kuasa hukum Habib Rizieq, Muhammad Kamil Pasha, dalam sidang perdana praperadilan atas kerumunan di Petamburan yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Jakarta Selatan, Senin (4/1/2021).

Awalnya pihak Habib Rizieq mengatakan acara pernikahan putri Habib Rizieq telah mendapat persetujuan pemerintah kota administrasi Jakarta Pusat. Acara Maulid Nabi yang digelar bersamaan oleh DPP FPI, kata dia, juga telah diketahui pihak Pemkot.

"Bahwa acara pernikahan tersebut disetujui dan dihadiri oleh pihak KUA Tanah Abang, serta acara maulid diketahui, dan disetujui oleh pihak Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat," ujar Kamil.

Dalam permohonannya, pihak Habib Rizieq mengaku tak menyangka akan banyak warga yang hadir dalam acara itu. Namun, kata dia, warga yang hadir diminta menerapkan protokol kesehatan.

Atas klaim Habib Rizieq itu, Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria sontak membantahnya.

Ariza menegaskan pihaknya tak mungkin mendukung kegiatan yang menimbulkan kerumunan di masa pandemi Corona (COVID-19) ini.

Kalangan Dewan di Kebon Sirih pun angkat suara. Anggota DPRD DKI Jakarta meminta Habib Rizieq menunjukkan bukti-bukti atas dukungan itu.

Selengkapnya di halaman berikutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT