Polisi Libatkan Saksi Ahli Selidiki Kasus Kerumunan Aksi 1812

Yogi Ernes - detikNews
Selasa, 05 Jan 2021 16:19 WIB
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus.
Foto: Yogi Ernes/detikcom
Jakarta -

Polisi terus menyelidiki kasus kerumunan yang terjadi saat aksi 1812. Setelah memeriksa sejumlah saksi panitia hingga penanggung jawab acara, pihak kepolisian juga akan melibatkan saksi ahli.

"Apa tindak lanjut ke depan setelah ini? Nanti kita periksa saksi ahli. Ada beberapa saksi ahli kita lakukan pemeriksaan nanti," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (5/1/2021).

Yusri mengatakan saksi ahli tersebut di antaranya saksi ahli hukum. Saksi ahli tersebut digunakan untuk menguatkan konstruksi hukum dari perkara tersebut.

"Ada saksi ahli hukum dan beberapa saksi ahli lainnya sesuai kebutuhan penyidikan," imbuh Yusri.

Dia menambahkan, keterangan saksi ahli dari pihak panitia dan penanggung jawab acara kini telah dikumpulkan penyidik. Setelah saksi tersebut beserta keterangan saksi ahli terkumpul, polisi akan melakukan gelar perkara untuk tentukan status tersangka dari kasus tersebut.

"Kalau pengumpulan alat bukti sudah lengkap, baik itu bukti keterangan saksi, bukti petunjuk, bukti surat kalau sudah lengkap kita lakukan gelar perkara. Kita tunggu saja nanti pemeriksaan. Saksi-saksi semuanya sudah ada, sudah lengkap cuma tinggal keterangan ahli kita lakukan pemeriksaan," ujarnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.