Diperiksa Polisi Hari Ini, Korlap 1812 Rizal Kobar Siapkan Bukti Dokumen

Yogi Ernes - detikNews
Selasa, 05 Jan 2021 10:00 WIB
Rizal Kobar
Rizal Kobar (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Koordinator lapangan (korlap) aksi 1812 Rizal Kobar memastikan akan memenuhi panggilan pemeriksaan di Polda Metro Jaya. Rizal mengatakan akan diperiksa sebagai saksi terkait aksi tersebut.

"Iya saya datang, saya sedang dalam perjalanan menuju ke Polda Metro," kata Rizal saat dihubungi, Selasa (5/1/2021).

Rizal mengatakan sejumlah dokumen dan beberapa bukti telah dibawa tim pengacaranya untuk pemeriksaan hari ini. Bukti-bukti tersebut meliputi unggahan di media sosial hingga rekaman video yang memuat pernyataannya meminta massa Aksi 1812 untuk mundur.

"Ya paling bukti-bukti di media sosial, sama video yang saya katakan (massa) untuk pada mundur," ujarnya.

Hari ini merupakan panggilan kedua bagi Rizal Kobar. Sebelumnya polisi telah menjadwalkan pemanggilan pada 29 Desember 2020 tapi Rizal Kobar berhalangan hadir.

Selain Rizal Kobar, polisi menjadwalkan pemanggilan kepada dua orang lainnya, berinisial AR dan AS. Keduanya masih diperiksa dengan status sebagai saksi.

Polda Metro Jaya sendiri terus menyelidiki kasus kerumunan dari Aksi 1812. Kemarin (4/1), Ketum PA 212 Slamet Ma'arif telah memenuhi panggilan pemeriksaan kepolisan.

Slamet diperiksa selama 11 jam di Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya. Usai menjalani pemeriksaan, tim kuasa hukum Slamet mengatakan kliennya dicecar 36 pertanyaan oleh penyidik.

"Kalau tidak keliru 36 pertanyaan. Ya mengenai aksi-aksi, mengenai aksi 1812, kaitan dengan itu, kaitan dengan Ustaz Slamet kemarin, seruan mengajak aksi itu," ucap pengacara Slamet Ma'arif, Ichwan Tuankotta, di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (5/1) dini hari.

Tonton video 'Diperiksa Terkait Aksi 1812, Ketum PA 212: Kooperatif Saja':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/zap)