Polri Prediksi Puncak Arus Balik Libur Akhir Tahun Malam Ini dan Besok

Audrey Santoso - detikNews
Sabtu, 02 Jan 2021 20:45 WIB
Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Rudy Antariksa saat meninjau arus balik libur tahun baru.
Foto: Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Rudy Antariksa saat meninjau arus balik libur tahun baru (dok. istimewa)
Jakarta -

Polri memprediksi puncak arus balik libur akhir tahun 2020 akan terjadi malam ini dan esok hari. Kondisi arus lalu lintas di beberapa ruas jalan yang menjadi rute pulang liburan warga seperti Tol Merak-Jakarta, Bogor-Jakarta dan Cikampek-Jakarta dinilai masih terkendali hingga sore tadi.

"Di Gate Tol Cikupa, kendaraan dari arah Sumatera kemudian dari arah Cilegon, Serang, Banten, arus wisata dari arah Anyer ini sudah mulai nampak peningkatan arus. Kita lihat ada antrian sepanjang 200 meter ke belakang," kata Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Rudy Antariksa dalam keterangan tertulis, Sabtu (2/1/2021).

Meski terjadi peningkatan volume kendaraan yang menuju arah Jakarta, lanjut Rudi, namun kondisi arus lalu lintas masih dapat dikendalikan. Petugas telah mengantisipasi penumpukan kendaraan dengan menambahkan gerbang tol yang dibuka.

"Jadi mulai hari ini mulai ada peningkatan untuk arus balik namun, belum signifikan. Ini akan kita prediksi malam sampai besok itu puncak arus balik, khususnya kendaraan dari arah Sumatera, Merak, menuju Jakarta," jelas dia.

Rudy menjelaskan arus lalu lintas di simpang Gadog, Puncak, Bogor, Jawa Barat menuju Jakarta dan arah sebaliknya masih sepi. Untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan, Rudy menjelaskan pihaknya sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas, namun hingga sore tadi belum dilakukan karena situasi lalu lintas lancar.

"Untuk di simpang Gadog arus lalu lintas dari pagi hingga siang ini lancar, baik itu kendaraan dari arah Jakarta maupun arah sebaliknya. Rekayasa lalu lintas yang sering dilakukan pada hari libur, baik one way ke arah Puncak ataupun ke arah Jakarta dari pagi belum dilakukan. Termasuk tidak ada pemberlakuan contraflow dari gate tol Ciawi menuju Sukabumi," tutur Rudy.

Selanjutnya
Halaman
1 2