Hari Ketiga Libur Tahun Baru, Volume Kendaraan di Lembang Meningkat

Whisnu Pradana - detikNews
Sabtu, 02 Jan 2021 18:21 WIB
WIsatawan ke lembang meningkat di hari ketiga libur tahun baru
Foto: Whisnu Pradana
Bandung Barat -

Volume kendaraan di kawasan wisata Lembang, Bandung Barat, meningkat pada hari ketiga libur tahun baru, Sabtu (2/1//2021).

Kasatlantas Polres Cimahi AKP Susanti Samaniah mengatakan pada Sabtu (2/1/2021), peningkatan volume kendaraan di ruas Jalan Raya Lembang mencapai 50 persen.

"Dibanding kemarin, hari ini ada peningkatan volume kendaraan hingga 50 persen di kawasan wisata Lembang. Prediksi kami hari ini juga puncak kedatangan wisatawan," ujar Susanti kepada detikcom.

Sepanjang libur Natal dan Tahun Baru 2021, pihaknya baru melakukan satu kali penarikan kendaraan karena mulai terjadi kepadatan di jalan raya.

"Baru hari ini saja kami lakukan penarikan kendaraan dari arah Bandung menuju Lembang, itu pun baru satu kali. Karena memang sebelumnya lancar," ungkapnya.

Kendati demikian, kepadatan di ruas Jalan Raya Lembang tak berlangsung lama. Sebab pada sore hari arus lalulintas kembali lancar tanpa ada potensi penumpukan kendaraan.

"Untuk kondisi saat ini sudah lancar, kepadatan hanya sementara dan langsung terurai begitu kami lakukan penarikan," bebernya.

Pihaknya memprediksi arus balik wisatawan dari kawasan wisata Lembang mulai terjadi pada malam ini hingga Minggu (3/1/2021) siang terutama untuk wisatawan dari luar daerah seperti Jakarta dan sekitarnya.

"Malam ini sudah terjadi arus balik, tapi tidak sekaligus. Mungkin besok siang puncaknya. Kami imbau untuk tetap menggunakan jalur arteri, kecuali sudah terjadi kepadatan akan kami lakukan rekayasa lalulintas," tandasnya.

(ern/ern)