ADVERTISEMENT

Round-Up

Ragam Asa Kala Tahun Berganti di Tengah Pandemi

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 01 Jan 2021 06:23 WIB
Foto-foto ilustrasi tahun baru 2021
(Foto: Ap Photo)
Jakarta -

Pergantian tahun 2020 ke 2021 diwarnai dengan pandemi COVID-19. Tahun 2021 disambut dengan harapan baru.

Presiden Joko Widodo menilai tahun 2020 sebagai tahun yang penuh ujian. Pandemi Corona yang muncul menyebabkan krisis di banyak negara, termasuk Indonesia.

"Sebentar lagi kita akan meninggalkan tahun 2020. Kita semua mencatat tahun 2020 sebagai tahun ujian yang amat berat," ujar Jokowi, dalam tayangan video di YouTube Setpres, Kamis (31/12/2020).

Menatap 2021, Jokowi menaruh harapan besar. Jokowi meminta semua masyarakat bersama-sama dengan pemerintah untuk lepas dari pandemi.

"Memasuki tahun 2021, saya yakin negara kita Indonesia mampu bangkit dan melakukan banyak inovasi. Pemulihan perekonomian setahap demi setahap telah membaik. Mulai terasa di kuartal ketiga dan keempat tahun 2020 ini. Investasi baru mulai muncul yang akan menggerakkan ekonomi masyarakat dan industri masa depan sehingga peluang kerja akan meningkat dan kesejahteraan masyarakat akan lebih baik," ucap Jokowi.

"Tapi bukan berarti persoalan sudah selesai. Ada satu syarat, ada satu syarat terpenting yang harus kita kerjakan untuk mencapai pemulihan ini. Kita harus berhasil mengatasi pandemi COVID. Kita harus mampu menghentikan wabah ini dengan segera," imbuhnya.

Jokowi meminta agar protokol kesehatan masih terus ditegakkan. Di sisi lain Jokowi mengatakan vaksinasi segera dilakukan di awal tahun 2021.

"Saya minta semua warga negara masih terus harus disiplin dalam mengatasi penyebaran kasus COVID-19 ini. Semua orang, semua orang harus disiplin, taatilah protokol kesehatan, pakai masker, jaga jarak, cuci tangan. Jangan lengah, jangan menganggap remeh," kata Jokowi.

"Vaksinasi juga akan segera dilakukan di pertengahan Januari 2021 ini untuk mencapai herd immunity, kekebalan komunal, sehingga penyebaran COVID-19 bisa kita hentikan," imbuhnya.

Sementara itu, Wapres RI Ma'ruf Amin, mengajak seluruh masyarakat untuk senantiasa bekerja sama menghadapi tahun 2021. Sebab, kata dia, 2021 merupakan tahun penuh tantangan.

"Mari kita kuatkan niat dan semangat untuk bekerja lebih baik dalam memasuki tahun 2021 yang penuh tantangan, dengan keyakinan bahwa segala rintangan akan berhasil kita atasi dengan baik melalui kerja sama, sinergi, dan kolaborasi yang lebih erat antar semua elemen masyarakat dan bangsa," katanya.

Ma'ruf berharap pada 2021 mendatang pandemi COVID-19 dapat segera berakhir. Selain itu, dia berharap kondisi ekonomi juga dapat segera pulih.

"Semoga dalam tahun 2021 pandemi COVID-19 ini dapat segera kita atasi sehingga kehidupan sosial ekonomi masyarakat segera pulih, dan bangsa Indonesia mampu bangkit kembali untuk mewujudkan cita-cita meraih kesejahteraan, kemandirian, keadilan, dan kemajuan," katanya.

Satgas COVID-19 minta masyarakat tak perlu pesimis hadapi tahun 2021. Simak penjelasan lengkapnya di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT