Cerita Reni Nikmati Bantuan Biaya Persalinan-Rawat Inap Berkat JKN-KIS

Inkana Putri - detikNews
Kamis, 31 Des 2020 15:03 WIB
BPJS Kesehatan
Foto: Dok. BPJS Kesehatan
Jakarta -

Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Salah satunya Reni Sanako (32), warga Desa Kembang Merta, Kecamatan Masama, Kabupaten Banggai.

Sejak menjadi peserta JKN-KIS dari segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) di tahun 2014, Reni bercerita ia dan keluarganya telah merasakan banyak manfaat.

"Saya merasakan betul manfaat menjadi peserta JKN-KIS. Sudah berkali-kali saya menggunakan kartu JKN untuk berobat dan mendapatkan pelayanan kesehatan. Waktu saya melahirkan pakai KIS, saya juga pernah sakit dan berobat ke Puskesmas. Anak saya juga pernah dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah Banggai dan harus diopname," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (31/12/2020).

Selama menggunakan JKN-KIS, ibu satu anak ini mengaku tidak pernah dibebankan biaya apapun. Reni pun mengapresiasi pelayanan yang diberikan karena meskipun menggunakan kepesertaan JKN, ia tidak dibedakan dengan pasien umum lainnya.

"Selama ini saya belum pernah mengeluarkan biaya kalau berobat pakai kartu JKN-KIS, pelayanannya juga bagus, tidak pernah saya dibedakan dengan pasien umum. Administrasinya juga tidak ribet selama kita mengikuti semua proses sesuai ketentuan," katanya.

Reni pun merasa bersyukur dan terbantu dengan adanya program JKN-KIS. Ia berharap program JKN-KIS ke depan dapat selalu hadir dengan pelayanan yang semakin baik untuk masyarakat.

"Sangat bersyukur pokoknya karena sudah jadi peserta JKN-KIS. Tidak bisa saya bayangkan kalau tidak ada program JKN-KIS, berapa banyak biaya yang harus saya keluarkan selama ini untuk berobat seandainya tidak ada program ini. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini. Saya harap program ini bisa terus hadir melayani masyarakat sehingga tidak ada lagi masyarakat yang kesulitan mendapat pengobatan," ungkapnya.

(akn/ega)