Ini Pengalihan Arus Lalu Lintas Sudirman-Thamrin di Malam Tahun Baru

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Rabu, 30 Des 2020 22:22 WIB
Libur panjang ini membuat lalu lintas di jalan protokol di ibu kota sepi. Seperti terlihat di jalan Sudirman, Jakarta.
Kawasan Sudirman-Thamrin ditutup pada malam tahun baru. (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Kendaraan maupun warga dilarang melintas di Sudirman-Thamrin selama pelaksanaan car free night dan crowd free night pada malam tahun baru. Dengan ditutupnya kawasan Sudirman-Thamrin ini, polisi melakukan pengalihan arus lalu lintas.

"Untuk pelaksanaan crowd free night dan car free night di Sudirman-Thamrin maka akan ada pengalihan arus lalu lintas," kata Direktur Polda Metro Jaya Kombes Sambodo di Gedung TMC Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (30/12/2020).

Ruas protokol Sudirman-Thamrin akan ditutup mulai Bundaran Senayan hingga Monas. Arus lalu lintas akan dialihkan ke jalan di sekitar.

Misalnya, dari Bundaran Senayan, seluruh kendaraan dari arah Jalan Pattimura akan dibelokkan ke Jalan Sisingamangaraja, sehingga tidak ada yang masuk Jalan Sudirman. Jalan Asia Afrika dekat Mal fX Sudirman juga disekat mulai Jalan Asia Afrika dekat Hotel Fairmont.

"Semanggi hanya bisa dari barat ke timur dan timur ke barat. Artinya, di samping Polda tidak bisa turun ke kiri Sudirman atau belok kanan ke arah utara sudah tidak bisa, termasuk dari arah Slipi hanya bisa lurus ke arah Mampang, tidak bisa belok kiri ke arah Sudirman atau turun ke bawah dekat Gedung Veteran itu di Mal Semanggi Plaza tidak boleh," jelas Sambodo.

Sambodo menyatakan penutupan dilakukan sepanjang Sudirman-Thamrin hingga perempatan Harmoni. Namun, ambulans masih diperbolehkan melintas di seputar Jalan Sudirman-Thamrin.

"Termasuk Kebon Sirih, Budi Kemuliaan kemudian juga seputar kawasan Patung Kuda, seputar Monas, termasuk Merdeka Utara, Selatan, Timur, Barat itu semua steril dari kendaraan dan kerumunan sampai ke Harmoni. Kecuali, untuk ambulans yang akan melintas menuju rumah sakit yang ada di seputar Sudirman-Thamrin atau memang harus melalui Jalan Sudirman-Thamrin," tuturnya.

Simak rekayasa pengalihan arus lalu lintas di halaman selanjutnya.....

Selanjutnya
Halaman
1 2