Refleksi Akhir Tahun, NasDem Puji KPK-Polri Tak Tebang Pilih Berantas Korupsi

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Rabu, 30 Des 2020 12:15 WIB
Johnny G. Plate
Sekjen NasDem Johnny G Plate (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Partai NasDem menyampaikan refleksi akhir tahun 2020 terkait situasi dan kondisi Indonesia. NasDem menyoroti sejumlah hal, di antaranya vaksinasi COVID-19 hingga kinerja aparat penegak hukum dalam pemberantasan korupsi.

"Selama hampir 1 tahun, Indonesia dan dunia berjuang melawan pandemi COVID-19 yang telah mendorong banyak perubahan di berbagai lini kehidupan. Pemulihan kesehatan dan kebangkitan ekonomi dari pandemi COVID-19 pun akan kembali menjadi agenda prioritas bersama di tahun 2021," kata Sekjen NasDem Johnny Plate dalam keterangannya, Rabu (30/12/2020).

Selama masa pandemi Corona, NasDem menilai penanganan kesehatan merupakan agenda utama yang perlu didukung. NasDem mengapresiasi peran tenaga kesehatan di masa pandemi Corona.

Johnny juga mengatakan program vaksinasi COVID-19 perlu didampingi dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Ia menekankan perlunya sinergisitas antara pemerintah dan masyarakat guna memutus mata rantai COVID-19.

"Program vaksinasi COVID-19 juga perlu didampingi dengan disiplin protokol kesehatan. Sinergisitas masyarakat dalam melakukan 3M: memakai masker, menjaga jarak, juga mencuci tangan dengan sabun, dan pemerintah dalam melakukan 3T: tracking, testing, dan treatment, adalah jurus jitu guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19," katanya.

Di bidang ekonomi, banyak negara termasuk Indonesia masuk ke jurang resesi. NasDem memastikan akan terus mengawal setiap usaha pemerintah dalam rangka memperkuat ekonomi nasional.

"Kita akan terus kawal program-program stimulus untuk kepentingan sosial ekonomi, seperti bantuan UMKM agar dapat terlaksana secara tepat sasaran dan bermanfaat," ujarnya.

Johnny mengatakan NasDem juga akan mengawal peraturan turunan dari UU Cipta Kerja. Mulai dukungan terhadap sinergisitas pemerintah dengan para pelaku usaha guna membuat terobosan peningkatan hingga kemudahan ekspor.

"NasDem juga akan terus mengawal penyusunan peraturan turunan dari UU Cipta Kerja, termasuk dalam mendorong kolaborasi pemerintah dengan para pelaku usaha untuk mencari terobosan peningkatan ekspor, kemudahan impor bahan baku, dan barang modal. Hal ini terus kita upayakan agar masyarakat dan warga dunia dapat menikmati produk-produk karya anak bangsa, bangga buatan Indonesia," ungkapnya

Di bidang politik, hukum, dan keamanan, NasDem mengapresiasi ketegasan dan konsistensi Presiden Jokowi dalam menjaga marwah negara. Khususnya dari pihak-pihak yang mengganggu konsensus kebangsaan.

NasDem juga mengapresiasi keberhasilan instansi TNI dan Polri dalam mengungkap gembong terorisme hingga mengamankan pelaksanaan pilkada serentak di masa pandemi. Kemudian NasDem pun mengapresiasi kinerja KPK dalam upaya pemberantasan korupsi.

"Keberhasilan Polri dan TNI dalam menangkap gembong teroris yang telah beraksi selama 18 tahun serta menjaga keamanan pelaksanaan pilkada serentak merupakan suatu pencapaian yang patut kita banggakan," ucap Johnny.

"Prestasi dan kinerja KPK, bersama lembaga Kejaksaan dan kepolisian, juga harus diacungi jempol, karena penegakan hukum atas pelaku tindak pidana korupsi dilakukan tanpa tebang pilih," imbuhnya.

Baca selengkapnya di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2