Refleksi Akhir Tahun, NasDem Puji KPK-Polri Tak Tebang Pilih Berantas Korupsi

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Rabu, 30 Des 2020 12:15 WIB
Johnny G. Plate
Sekjen NasDem Johnny G Plate (Ari Saputra/detikcom)

Selain itu, NasDem mengapresiasi kebijakan pemerintah dalam memberikan subsidi kuota bagi siswa dan guru. Menurut Johnny, kebijakan itu sangat membantu pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) di masa pandemi.

"Kebijakan ini memiliki dampak yang besar dalam meringankan beban para orang tua serta tenaga pendidik dalam melakukan kegiatan belajar dan mengajar di tengah kebijakan PJJ akibat pandemi. Selain itu, kebijakan ini semakin menunjukkan keseriusan pemerintah dalam memperluas akses pendidikan demi generasi penerus bangsa," ujarnya.

Dalam bidang lingkungan hidup, Johnny mengatakan NasDem akan terus mendukung penyederhanaan sistem tata kelola migas guna menarik iklim investasi. NasDem juga mendorong penggunaan energi terbarukan.

"Partai NasDem juga terus mendorong penyederhanaan sistem tata kelola minyak dan gas (migas) untuk menggairahkan iklim investasi serta mendorong penggunaan energi bersih ramah lingkungan yang berasal dari energi terbarukan. NasDem berharap komitmen Pemerintah pada Paris Agreement dapat diformalisasi dalam suatu kerangka peraturan untuk mewujudkan pemanfaatan energi yang bersih dan terjangkau," ucapnya.

Johnny mengimbau adanya pelibatan masyarakat dalam upaya pemulihan lingkungan. Bahkan ia juga menyebut NasDem telah menjadi salah satu bagian dari upaya rehabilitasi mangrove dan gambut.

"Upaya pemulihan lingkungan perlu terus dilanjutkan dan lebih sistematis dengan pelibatan luas masyarakat. Partai NasDem telah menjadi salah satu bagian dari upaya rehabilitasi mangrove dan gambut," tuturnya.

NasDem mengajak semua pihak mendukung kerja produktif pemerintah. Ia menyebut kerja sama semua pihak dapat semakin mewujudkan Indonesia yang maju.

"Mari bersama-sama singsingkan lengan baju, sambut tahun 2021 dengan mindset transformatif untuk mendukung kerja-kerja pemerintah secara konstruktif dan produktif. Mari rapatkan barisan, bergerak serentak merubah Indonesia ke arah yang lebih baik, mewujudkan Indonesia maju," tuturnya.


(hel/zak)