Remaja Bobol Kotak Amal untuk Belikan Teman Nasi, Sempat Diamankan ke Polsek

Hermawan Mappiwali - detikNews
Rabu, 30 Des 2020 11:52 WIB
kotak amal dicuri
Ilustrasi kotak amal (Agus/detikcom)
Palopo -

Remaja berinisial D (16) di Palopo, Sulawesi Selatan, diamankan aparat dan warga lantaran membobol kotak amal di sebuah masjid. Setelah ditelusuri, uang hasil membobol kotak amal tersebut dia gunakan untuk membeli nasi kuning dan dibagi-bagikan ke sejumlah rekannya.

"Itu uang dipakai sama dia untuk beli nasi kuning buat rekan-rekannya. Tapi dia sudah dikembalikan ke orang tuanya," kata Kapolres Palopo AKBP Alfian Nurnas saat dimintai konfirmasi, Rabu (30/12/2020).

Dodi menyambangi sebuah masjid di Jalan Landau, Kecamatan Wara Timur, Palopo, Jumat (25/12). Dia berhasil menggondol kotak amal masjid berisi uang Rp 590 ribu.

"Dua hari kemudian, dia diamankan Babinsa, Bhabinkamtibmas, sama lurah situ," kata Alfian.

Sementara itu, Panit Reskrim Polsek Wara Timur Ipda Akbar mengatakan rekan-rekan Dodi tidak tahu nasi kuning dari Dodi berasal dari uang kotak amal masjid.

"Intinya dia beli nasi kuning, kebetulan pas habis itu mencuri dia gunakanlah uang itu, tapi teman-temannya tidak tahu," ujar Ipda Akbar saat dimintai konfirmasi terpisah.

Setelah diamankan ke Polsek Wara Timur, kini Dodi diserahkan kepada orang tuanya untuk dibina.

"Tokoh agama setempat berkesimpulan untuk memberikan kebijaksanaan dan memaafkan, tapi dengan ketentuan anak tersebut menghadirkan orang tuanya dan membuat surat pernyataan," pungkas Akbar.

(hmw/jbr)