DLH DKI Jakarta Gelar Uji Emisi Gratis, 50 Kendaraan Masyarakat Diperiksa

Taufieq Renaldi Arfiansyah - detikNews
Rabu, 30 Des 2020 11:49 WIB
DLH DKI Gelar Uji Emisi Gratis di Jalan TB Simatupang
DLH DKI menggelar uji emisi gratis di Jalan TB Simatupang (Taufieq Renaldi Arfiansyah/detikcom)
Jakarta -

Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta melakukan sosialisasi terkait peraturan gubernur tentang emisi gas buang. Sebanyak 50 kendaraan milik masyarakat diperiksa emisi gas buangnya secara gratis.

Pantauan detikcom, acara uji coba emisi tersebut digelar di Jalan TB Simatupang, Rabu (30/12/2020), sekitar pukul 09.00 WIB. Terdapat dua tempat pemeriksaan, satu untuk bahan bakar bensin dan satu untuk bahan bakar solar.

Pada acara tersebut, ada sekitar 50 kendaraan yang melakukan uji coba emisi. Terdapat kendaraan yang tidak lolos uji emisi, akan tetapi masih diberi pengertian dan sosialisasi.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Syaripudin mengatakan, ke depannya, pemilik kendaraan bermotor tidak lulus uji emisi yang menggunakan fasilitas parkir di DKI Jakarta otomatis akan dikenai tarif parkir tertinggi yang berlaku saat membayar. Hukuman denda ini akan berlaku mulai 24 Januari 2021.

Aturan tersebut tertuang dalam Pasal 20 Peraturan Gubernur Nomor 66 Tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor, yang merupakan pengganti Peraturan Gubernur Nomor 92 Tahun 2007.

"Bahwa peraturan gubernur ini mulai berlaku setelah 6 (enam) bulan terhitung sejak tanggal diundangkan," kata Syaripudin di lokasi.

Selain itu, penegakan hukum di jalan oleh kepolisian dan Dinas Perhubungan mengacu pada UU Nomor 22 Tahun 2020 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Pasal 285 dan 286, yaitu ancaman denda maksimal Rp 250 ribu untuk sepeda motor dan ancaman denda maksimal Rp 500 ribu untuk mobil.

Seperti diketahui, Peraturan Gubernur DKI Jakarta No 22 Tahun 2020 akan dilaksanakan pada 24 Januari 2020. Hingga kini Pemprov DKI masih melakukan sosialisasi selama 6 bulan terkait peraturan tersebut.

(maa/maa)