Staf Kedubes Jerman yang Datangi FPI Tinggalkan Indonesia 21 Desember

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Selasa, 29 Des 2020 18:38 WIB
Menlu Retno Marsudi / Dok. Kemlu
Menlu Retno Marsudi (Dok. Kemlu)
Jakarta -

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengungkapkan staf Kedutaan Besar (Kedubes) Jerman di Jakarta yang mendatangi Sekretariat Front Pembela Islam (FPI) telah diberi tindakan tegas. Staf Kedubes Jerman itu telah tinggalkan Indonesia pada 21 Desember lalu.

"Menindaklanjuti pertemuan yang kita lakukan dengan Kedutaan Jerman, dapat saya sampaikan bahwa staf tersebut telah meninggalkan Indonesia pada 21 Desember 2020," kata Retno kepada wartawan, Selasa (29/12/2020).

Tak hanya berhenti di situ, Kemlu dengan Kedubes Jerman tetap menjalin komunikasi. Pemerintah Indonesia melalui Kemlu meminta staf Kedubes Jerman itu kembali Tanah Air.

"Setelah itu, Kementerian Luar Negeri juga telah melakukan komunikasi kembali dengan pemerintah Jerman melalui capital dan kedutaan besar Jerman di Jakarta. Dalam komunikasi tersebut Kementerian Luar Negeri menyampaikan keputusan bahwa pemerintah Indonesia tidak menghendaki yang bersangkutan kembali ke Indonesia," ujar Retno.

Staf Kedubes Jerman mendatangi Sekretariat FPI terjadi pada Kamis (17/12) siang. Retno menyampaikan bahwa pemerintah Jerman tetap mendukung dan menjalin hubungan baik dengan pemerintah Indonesia.

"Kedutaan Jerman juga secara tegas menyampaikan dukungan dan komitmen pemerintah Jerman untuk melanjutkan kerja sama bilateral dengan Indonesia untuk melawan intoleransi, radikalisme, dan ujaran kebencian," imbuhnya.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Selanjutnya
Halaman
1 2