Malam Tahun Baru 2021 di Jakarta Tak Ada Perayaan, Ini Info Lengkapnya

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 29 Des 2020 15:40 WIB
Begini momen pergantian tahun baru 2020 di Bundaran HI, Jakarta, Rabu (1/1/2020). Meski hujan terus mengguyur warga tetap memadati Bundaran HI.
Perayaan Malam Tahun Baru 2020 di Jakarta. Untuk tahun ini Pemprov DKI tak menggelar perayaan malam tahun baru (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Malam tahun baru 2021 di Jakarta nanti dipastikan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Musabab masih masa Pandemi COVID-19, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menegaskan bahwa Pemerintah Provinsi tidak akan menyelenggarakan perayaan malam pergantian tahun 2020 ke 2021.

Kegiatan seperti konser musik, tari-tarian, kembang api, juga pesta kuliner yang kerap digelar saat malam pergantian tahun, khusus untuk malam tahun baru 2021 ditiadakan. Tak hanya di arena terbuka seperti di silang Monas, Bundaran HI, Kawasan Ancol, bahkan di kafe, tempat wisata, hotel, restoran dan lain-lain dilarang menggelar perayaan malam tahun baru 2021.

Bahkan Pemprov DKI juga membatasi jam operasional sejumlah tempat hiburan itu hanya sampai jam 19:00 malam. Pemprov DKI akan bertindak tegas dengan memberikan sanksi terhadap siapapun yang melanggar. Mulai dari sanksi teguran sampai pencabutan izin.

"Apabila ada yang melanggar kami pastikan akan kami beri sanksi sampai dengan pencabutan izin," kata Ahmad Riza Patria di kantornya Senin (28/12/2020) kemarin.

Politikus Partai Gerindra itu pun meminta warga Ibu Kota melapor ke petugas jika ada kegiatan yang melanggar protokol kesehatan di malam pergantian tahun. Caranya dengan memfoto atau memvideokan kegiatan tersebut dan dikirim ke Pemprov DKI. Dia memastikan semua laporan akan ditindaklanjuti oleh petugas Satpol PP sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku.

Sebelumnya pada 16 Desember 2020 lalu, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan juga sudah menerbitkan Seruan Gubernur Nomor 17 Tahun 2020 dan Instruksi Gubernur Nomor 64 Tahun 2020 tentang Pengendalian Kegiatan Masyarakat dalam Pencegahan COVID-19 pada Masa Libur Hari Raya Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Seruan dan Instruksi Gubernur tersebut mengatur kegiatan warga DKI Jakarta selama 18 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021. Selama libur natal dan tahun baru kali ini warga masyarakat diminta mengutamakan kegiatan di dalam rumah.

Warga masyarakat diminta untuk mengurangi kegiatan di luar rumah kecuali untuk urusan yang mendesak. Pengelola pusat perbelanjaan atau mal, restoran, dan tempat wisata diminta tutup pada pukul 21.00 WIB. Khusus untuk tanggal 24 sampai 27 Desember dan 31 Desember 2020 sampai 3 Januari 2021 mereka diminta tutup pukul 19.00 WIB.

Polisi Tak Keluarkan Surat Izin Keramaian di Malam Tahun Baru

Kepolisian Daerah Metro Jakarta Raya (Polda Metro Jaya) dipastikan tidak akan menerbitkan surat izin keramaian untuk perayaan malam tahun baru 2021. Demikian ditegaskan oleh Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus seperti dikutip dari detikOto.

Keputusan tersebut diambil sejalan dengan keputusan pemerintah agar semua masyarakat secara ketat melaksanakan protokol kesehatan. Pemerintah juga melarang segala bentuk kerumunan massa selama Pandemi COVID-19. Hal ini dilakukan untuk menekan lonjakan kasus COVID-19.

Halaman selanjutnya informasi tentang penyekatan jalan di Jakarta saat malam tahun baru.

KLIK HALAMAN SELANJUTNYA UNTUK MEMBACA