PKB Siapkan Pengganti Menag Gus Yaqut di DPR

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Senin, 28 Des 2020 11:21 WIB
Yaqut Cholil Qoumas (Biro Pers Setpres)
Yaqut Cholil Qoumas (Biro Pers Setpres)
Jakarta -

Yaqut Cholil Qoumas sudah dilantik sebagai Menteri Agama RI menggantikan Fachrul Razi. Yaqut kini juga berstatus anggota DPR dari Fraksi PKB. PKB tengah memproses PAW Yaqut atau Gus Yaqut.

"Sedang proses," kata Ketua DPP PKB Faisol Riza saat dimintai konfirmasi, Senin (28/12/2020).

Di parlemen, Gus Yaqut adalah Wakil Ketua Komisi II DPR yang membidangi pemerintahan. Gus Yaqut berasal dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Tengah X. Faisol menyebut pengganti Gus Yaqut kemungkinan bernama Nurulhuda.

"Nurulhuda kalau tidak salah," sebut Faisol Riza.

DPR saat ini tengah memasuki masa reses. DPR baru akan kembali beraktivitas sekitar pertengahan Januari 2021. Lalu, apakah PAW Gus Yaqut dilakukan setelah DPR selesai reses?

Faisol RizaFaisol Riza (Erlangga/dpr.go.id)

"Belum. Mungkin baru Februari atau Maret," sebut Faisol Riza.

Dikutip dari situs DPR, Gus Yaqut dilahirkan di Rembang pada 4 Januari 1975. Dia merupakan Ketum GP Ansor periode 2016-2021.

Gus Yaqut menyelesaikan pendidikan dasar dan menengahnya di Kutoharjo dan Rembang. Dia merupakan adik dari Gus Yahya Staquf yang tadinya sempat diisukan menjadi Menag.

Gus Yaqut pernah menjabat Wakil Bupati Rembang periode 2005-2010 melalui PKB. Dia juga pernah menjabat Ketua DPC PKB Bandung dan PMII Depok. Namun dia lebih dikenal sebagai Ketum GP Ansor.

Gus Yaqut dilantik menjadi anggota DPR periode 2014-2019 dari PKB sebagai pergantian antarwaktu (PAW) Hanif Dhakiri yang saat itu menjadi Menaker. Lalu, dia kembali menjadi anggota DPR periode 2019-2024.

(gbr/dhn)