Daftar Nama Menteri dan Kabinet Baru Jokowi

Erwin Dariyanto - detikNews
Kamis, 24 Des 2020 17:06 WIB
Presiden Jokowi melantik 6 menteri dan 5 wakil menteri baru pagi tadi. Mereka dilantik berbarengan di Istana Negara, Jakarta Pusat.
Foto: Setpres
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu, 23 Desember 2020 kemarin melantik 6 menteri baru hasil reshuffle kabinet. Berikut ini daftar nama menteri dan susunan kabinet baru Jokowi.

Tri Rismaharini yang akan mengakhiri masa jabatan sebagai Wali Kota Surabaya tahun depan diangkat menjadi menteri sosial. Dia menggantikan Juliari Batubara yang terjerat kasus dugaan korupsi dana bantuan sosial.

Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono diangkat menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Edhy Prabowo yang ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Daftar nama menteri dan kabinet baru Jokowi ditambah dengan masuknya politikus Partai Gerindra, Sandiaga Salahuddin Uno yang diangkat menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama.

Ada lagi kejutan dalam daftar nama menteri dan kabinet baru Jokowi dengan diangkatnya Ketum GP Ansior Yaqut Cholil Qoumas menjadi Menteri Agama RI menggantikan Fachrul Razi. Nama politikus PKB Yang akrab disapa Gus Tutut ini awalnya tidak diprediksi masuk dalam daftar nama menteri dan kabinet baru Jokowi.

Berikutnya, Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin diangkat menjadi Menteri Kesehatan menggantikan Terawan Agus Putranto. Terakhir Duta Besar RI M Luthfi yang belum lama bertugas di Negeri Paman Sam dipanggil kembali ke tanah air untuk menjadi Menteri Perdagangan menggantikan Agus Suparmanto.

Total ada 6 wajah anyar dalam daftar nama menteri dan kabinet baru Jokowi. Mereka adalah:

Menteri Sosial: Tri Rismaharini
Menteri Kelautan dan Perikanan: Sakti Wahyu Trenggono
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Sandiaga Salahuddin Uno
Menteri Perdagangan: Muhammad Lutfhi
Menteri Agama: Yaqut Cholil Qoumas
Menteri Kesehatan: Budi Gunadi Sadikin

Klik halaman berikutnya untuk daftar nama menteri dan kabinet baru Jokowi lengkap.

Selanjutnya
Halaman
1 2