Urban Legend

Sukmo Ilang, Kisah Hilangnya Puluhan Kuli di Balik Mitos di Deli Serdang

Datuk Haris Molana - detikNews
Minggu, 27 Des 2020 09:13 WIB
Suasana di Desa Kolam lokasi misteri Sukmo Ilang (Datuk Haris-detikcom)
Foto: Suasana di Desa Kolam lokasi misteri Sukmo Ilang (Datuk Haris-detikcom)

Suara Gamelan di Malam Jumat Kliwon

Miswanto mengatakan masih ada peristiwa lain yang dikaitkan dengan mistis Sukmo Ilang. Misalnya, suara gamelan di malam Jumat kliwon yang dianggap keramat.

"Dan suasana yang masih melekat itu pada hari-hari tertentu di sini itu terdengar suara gamelan, gending. Biasanya di hari keramat, malam Jumat kliwon seperti itu," sebut Miswanto.

Bunyi tersebut diyakini berasal dari satu titik tertentu dan bukan dari rumah-rumah warga. Meski daerah ini sudah mulai ramai, namun masih banyak lahan kosong ataupun lahan pertanian.

Peristiwa yang dikaitkan dengan mistis Sukmo Ilang lainnya juga diceritakan oleh Kepala Desa Kolam, Jufri Purwanto. Dia menyebut kejadian-kejadian di luar nalar kerap dikaitkan dengan mistis 'Sukmo Hilang'. Misalnya, kata Jufri, ada penampakan orang tak dikenal di sekitar desa, orang berperilaku nyeleneh mulai dari kondisi fisik atau pingsan mendadak serta kemunculan suara-suara aneh. Peristiwa-peristiwa mistis itu disebut dialami oleh petani yang terus bekerja ketika jam istirahat.

Suasana di Desa Kolam lokasi misteri Sukmo Ilang (Datuk Haris-detikcom)Suasana di Desa Kolam lokasi misteri Sukmo Ilang (Datuk Haris-detikcom)

"Banyak sekali saat itu cerita yang dikait-kaitkan dengan kehilangan mandor Sukmo," sebut Jufri.

Selain itu, ada juga cerita mistis lainnya yang masih dikaitkan dengan Sukmo Ilang. Misalnya, kata Jufri, ada cerita tentang warga yang mengalami kejadian aneh. Warga itu disebut sedang menggoreng ikan, namun ikannya tak kunjung matang. Ikan yang telah dibersihkan itu malah bergerak-gerak bak hidup kembali di dalam minyak mendidih.

"Ada berdiri perumahan, terus perumahan itu di warga ada kejadian aneh di mana warga tersebut menggoreng ikan, minyak dalam keadaan mendidih, ada api di bawahnya tapi ikan yang digoreng itu nggak masak-masak. Bahkan ada gerakan-gerakan itu seperti hidup padahal ikan udah disiangi," ujar Jufri.

Peristiwa mistis terkait Sukmo Ilang itu disebut sering terjadi dan menyebar dari cerita mulut ke mulut pada 15 tahun lalu. Namun, dia mengatakan kejadian-kejadian mistis terkait Sukmo Ilang itu mulai jarang terjadi saat ini.

"Kalau di era sekarang ini jarang sekali kita dengar ya. Tapi kalau menurut beberapa sumber yang mengaku dan diakui oleh masyarakat punya kemampuan indra keenam ya sampai sekarang mereka itu di alam yang sering dia berkunjung, ya mereka masih ada. Tapi peristiwa-peristiwa mistis lainnya di akhir-akhir ini sudah tidak ada lagi. Dengan padatnya penduduk, sudah ramai, suasana berbeda, bising," ujar Jufri.

Simak halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3