Remaja Ponorogo Mesum di Kos, Kemen-PPPA Minta Polisi Telusuri Unsur Pidana

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 25 Des 2020 06:53 WIB
Deputi Bidang Perlindungan Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Nahar.
Foto: Kadek Melda Luxiana/detikcom
Ponorogo -

Sejoli di bawah umur kedapatan mesum di kamar indekos di Jalan Merbabu Ponorogo, Jawa Timur. Deputi Bidang Perlindungan Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen-PPPA), Nahar meminta pihak kepolisian untuk menyelidiki kasus tersebut.

"Jika perbuatan ini memenuhi unsur eksploitasi seksual terhadap anak, atau ada unsur-unsur pidana lainnya maka pihak-pihak terkait dengan kejadian ini dapat dimintai keterangan," ujar Nahar saat dihubungi, Kamis (24/12/2020).

Nahar juga meminta kepada pemilik indekos untuk berperan sebagai orang tua. Sehingga, dapat ikut membimbing dan melakukan pengawasan terhadap mereka yang menyewa tempat indekosnya.

"Kami tentu menyayangkan perbuatan ini terjadi di tempat kost. Pemilik kost seharusnya tidak hanya sebagai penyewa tempat, tetapi juga harus berfungsi sebagai orang tua pengganti yang memiliki mekanisme pengawasan dan ikut membimbing selama kost," ucapnya.

"Kami harap penyidik bisa mengembangkan kasus ini, orang tua memastikan anak-anak bergaul dengan benar, dan masyarakat sensitif terhadap kejadian seperti ini dengan segera melaporkan ke pihak berwajib. Semoga kasus seperti ini tidak terjadi ditempat lain," sambungnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2