Tim Jibom Polda Sumut Sterilisasi Gereja di Medan Jelang Misa Natal

Ahmad Arfah - detikNews
Kamis, 24 Des 2020 17:08 WIB
Jibom saat sterilisasi di GKPS Jemaat Hang Tuah Medan.
Tim Jibom saat melakukan sterilisasi di GKPS Jemaat Hang Tuah Medan. (Arfah/detikcom)
Medan -

Tim Penjinak Bom (Jibom) dari Satuan Brimob Polda Sumut melakukan sterilisasi di gereja yang ada di Medan. Ada 18 gereja di Medan yang didatangi Tim Jibom menjelang pelaksanaan misa Natal.

"18 gereja untuk pengamanan Natal dan tahun baru. Unit Jibom sendiri kita dibagi kepada dua tim. Ada 20 orang personel seluruhnya yang diturunkan," ujar Dansat Brimob Polda Sumut Kombes Abu Bakar Tertusi melalui Kanit Jibom Iptu Ronny Sarko, Kamis (24/12/2020).

Salah satu gereja yang didatangi Tim Jibom adalah GKPS Jemaat Hang Tuah Resort Polonia Medan di Jalan Cik Ditiro, Medan. Di sini tim terlihat memeriksa setiap kursi yang ada di dalam gereja. Lingkungan di sekitar gereja juga diperiksa.

Ronny mengatakan pihaknya melakukan sterilisasi untuk mengamankan gereja dari ancaman bom. Selain itu, benda-benda yang dicurigai juga akan ikut diamankan bila berada di sekitaran gereja.

"Antisipasi kita pada saat pengamanan ini yang berkaitan dengan bahan peledak seperti fisik bom atau barang temuan yang mencurigakan," ucap Ronny.

Ronny menjelaskan pihaknya ikut melakukan sterilisasi gereja untuk membantu pengamanan yang dilakukan Polrestabes Medan. Dia mengatakan selama pemeriksaan yang mereka lakukan tidak ditemukan benda-benda yang mencurigakan.

"Semoga rekan-rekan yang beribadat bisa nyaman. (Situasi) aman," jelasnya.

(idn/idn)