Polisi Sterilisasi dan Pastikan Penerapan Prokes di Gereja Kota Pasuruan

Muhajir Arifin - detikNews
Kamis, 24 Des 2020 16:05 WIB
sterilisasi gereja di pasuruan
Polisi sterilisasi gereja di Pasuruan (Foto: Muhajir Arifin)
Pasuruan -

Polisi melakukan sterilisasi gereja mengantisipasi gangguan keamanan menjelang hari raya natal. Selain itu, gereja-gereja diminta mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19.

Sterilisasi dan sosialisasi prokes dilakukan di Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) Pneil Jalan Anjasmoro dan Gereja Katolik St Antonius Padua Jalan Balai Kota.

Tim gegana Polda Jatim memeriksa seluruh bagian gereja baik di dalam maupun di luar gereja dengan alat metal detektor. Petugas juga melakukan penyemprotan disinfektan untuk mencegah penularan COVID-19.

"Alhamdulilah tidak ditemukan benda-benda yang mencurigakan yang dapat mengganggu atau membahayakan para jemaat yang akan melaksanakan ibadah," kata Kapolres Pasuruan Kota AKBP Arman, Kamis (24/12/2020).

Arman mengatakan sterilisasi sangat penting dengan harapan dapat memberikan jaminan keamanan bagi para jemaat yang akan melaksanakan ibadah. Sehingga dapat berjalan dengan khidmat aman dan kondusif.

"Pengamanan personel juga disiapkan untuk mengamankan gereja saat dilakukan ibadah," tegas Arman.

Polisi juga bersosialisasi pada gereja agar mematuhi prokes. Sebagaimana Surat Edaran Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo, ibadah natal dilaksanakan dengan mematuhi prokes dan diimbau hingga pukul 21.00 WIB. Gereja juga diminta membatasi jemaah maksimal 50 persen dari kapasitas tempat ibadah. Dalam kegiatan ini, polisi juga menyemprotkan disinfektan di gereja.

(iwd/iwd)