Round-Up

Yang Curi Perhatian di Istana dari Tasbih Sandiaga hingga Kebaya Risma

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 23 Des 2020 22:34 WIB
Momen Pelantikan Menteri dan Wakil Menteri Baru
Momen Pelantikan Menteri dan Wakil Menteri Baru (Foto: 20Detik)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik 6 menteri dan 5 wakil menteri baru hari ini. Jika diperhatikan dengan teliti, ada yang menarik di acara pelantikan hari ini. Apa saja?

Yakni busana yang dikenakan Tri Rismaharini. Bagaimana tidak, Risma yang dilantik sebagai Menteri Sosial menggantikan Juliari Batubara itu tampak mengenakan kebaya merah menyala.

PDIP angkat bicara terkait hal ini. Ketua DPP PDIP, Djarot Saiful Hidayat menyebut warna merah menunjukkan bentuk semangat, keberanian, serta kerja keras untuk membela rakyat kecil.

"Ibu Risma itu ketua DPP Partai (PDIP) dan warna merah menunjukkan jiwa dan semangat kerja keras serta keberanian untuk melayani membantu dan membela wong cilik," kata Djarot kepada detikcom, Rabu (23/12).

Sedangkan, pakar gestur, Handoko Gani, menilai penampilan Risma ini mencerminkan kebanggaan beliau akan pencapaian yang didapatkannya ini.

"Pakaian merah Bu Risma mencerminkan kebanggaan beliau akan pencapaian tersebut, semangat, dan keberanian untuk bertindak," kata pakar gestur, Handoko Gani.

"Karena sudah bertahun-tahun menjadi kader PDIP jadi itu membaur di dalam pemilihan baju tersebut. Jadi wajar saja itu menjadi salah satu dasar pemilihan warna, selain karena memang suka juga dengan warna merah selain batik cokelat," lanjut Handoko.

Tidak hanya busana Risma yang merah menyala, hal menarik lain juga ditemukan oleh Sandiaga Uno yang dilantik menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf). Saat terlihat selalu memegang tasbih yang dilingkar di jari tangannya.

Juru bicara Sandiaga Uno mengatakan orang yang akrab dipanggil Sandi itu memang rutin berzikir.

"Beliau kan memang rutin berzikir," kata Juru Bicara Sandiaga Uno Kawendra Lukistian.

Menurut Kawendra, momen pelantikan menteri adalah momen besar. Ia menyebut tidak ada salahnya Sandi membawa tasbih sebagai awalan untuk memulai kegiatan.

"Terlebih karena ini momentum besar yang mana ada tanggung jawab besar di sana tentu tidak ada salahnya beliau memulai dan menyertai kegiatan hari ini dengan menjaga konektivitas dengan pemilik semesta Allah SWT," jelasnya.

Bagaimana suasana momen pelantikan tersebut? simak berita selengkapnya