Eddy Hiariej Langsung Bertemu Menkumham Yasonna Laoly Usai Dilantik

Andhika Prasetia - detikNews
Rabu, 23 Des 2020 12:07 WIB
Wamenkumham Eddy Hiariej (Foto: Andhika/detikcom)
Wamenkumham Eddy Hiariej (Andhika/detikcom)
Jakarta -

Edward Omar Sharif Hiariej resmi dilantik sebagai Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham) RI. Usai dilantik, pria yang akrab disapa Eddy Hiariej itu langsung bertemu dengan Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly.

"Saya tadi baru kurang-lebih 15 menit bertemu dengan Prof Yasonna Laoly sebagai Menkumham," ujar Eddy dalam jumpa pers di istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (23/12/2020).

Eddy mengaku belum berbicara banyak mengenai tugas-tugasnya sebagai Wamenkumham. Dia mengatakan akan kembali berkoordinasi dengan Yasonna pekan depan.

"Kami belum berbicara lebih banyak, karena beliau ada rapat dengan Menko Polhukam pada jam 11 ini dan insyaallah pada hari Senin nanti tanggal 28 Desember kami akan berkoordinasi," katanya.

Guru Besar Hukum Pidana Universitas Gadjah Mada (UGM) itu menjelaskan akan berkoordinasi dengan Yasonna mengenai pembagian tugas. Mengingat, sebagai wamen, tugasnya adalah membantu Menkum HAM.

"Karena tugas dari wamen itu adalah membantu menteri, karena itu maka nanti Pak Menteri dan saya akan melakukan pembagian tugas, mana yang akan beliau tangani dan mana yang saya tangani atau apa yang akan saya bantu kepada beliau," ujar Eddy.

Koordinasi itu, kata dia, juga terkait permasalahan yang ada di Kemenkum HAM. Terutama, di masing-masih direktorat.

"Jadi kalau kita ketahui bersama ada beberapa direktorat di Kemenkum HAM, yaitu Direktorat Jenderal Imigrasi, Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia, Direktorat Jenderal Hak Atas Kekayaan Intelektual dan Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum dan ada juga Direktorat Permasyarakatan. Sudah barang tentu masing-masing direktorat mempunyai permasalahan tersendiri dan ini akan saya koordinasikan dengan pak menteri mana yang harus diperbaiki dan mana yang sudah baik dan harus ditingkatkan," papar dia.

Lebih lanjut, Eddy juga bercerita mengenai kapan dirinya diberi amanat sebagai Wamenkumham. Eddy mengaku dihubungi oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno pada Senin lalu.

"Ditunjuk sebagai Wamenkumham oleh Bapak Presiden Joko Widodo. Saya kebetulan dihubungi Bapak Menteri Sekretaris Negara Prof Pratikno pada hari Senin dan diminta untuk datang ke Jakarta karena direncanakan pada hari Rabu 23 Desember 2020 ini akan ada pelantikan sebagai wakil menteri hukum dan hak asasi manusia," ungkap Eddy.

(mae/fjp)