Selebgram Ini Dihukum Pidana Percobaan karena Tulis Kekesalan di IG Story

Andi Saputra - detikNews
Rabu, 23 Des 2020 15:36 WIB
Update gedung MA, Kamis (7/4/2016).
Gedung Mahkamah Agung (Ari Saputra/detikcom)

"Menjatuhkan pidana denda kepada Terdakwa sebesar Rp 5 juta dengan ketentuan apabila pidana denda tersebut tidak dibayar, maka diganti dengan pidana kurungan selama 1 bulan," sambung anggota majelis Eddy Army dan Gazalba Saleh.

Pembelaan Septriana

Dalam persidangan, Septriana mengajukan beberapa pembelaan, di antaranya:

1. Bahwa benar memang sebelumnya antara Terdakwa dan Saksi pelapor tidak pernah ada permasalahan. Terdakwa tidak pernah sekali pun mempunyai niat untuk menghina, apalagi mencemarkan nama baik Saksi pelapor. Karena status tersebut Terdakwa posting semata-mata hanya bentuk kekesalan dari Terdakwa yang menderita terutama setelah ketemu dengan Dadan dan wanita.
2. Bahwa sesuai dengan fakta yang terungkap dalam persidangan, adapun Status di IG tersebut dalam hitungan jam langsung Terdakwa hapus dan hal tersebut Terdakwa lakukan bukan karena suruhan siapa pun, termasuk Saksi pelapor. Melainkan karena Terdakwa tidak ingin persoalan rumah tangga Terdakwa diketahui oleh orang lain. Sehingga seandainya ada niat dari Terdakwa untuk menghina saksi pelapor, maka postingan tersebut tidak akan dihapus sendiri oleh Terbanding.
3. Saksi pelapor juga mengatakan tidak dirugikan atas kejadian tersebut.
4. Terdakwa tidak pernah mempunyai niat atau kesengajaan untuk menghina dan mencemarkan nama baik Saksi pelapor. Status tersebut Terdakwa posting hanya sebagai bentuk keadaan hati Terdakwa yang begitu hancur karena Perbuatan suami Terdakwa dan seorang wanita.
5. Instastory akun Instagram milik Terdakwa tersebut banyak yang melihatnya karena Terdakwa beraktivitas sebagai vlogger yang banyak followersnya, sekitar 70.000 sampai 88.000 followers/pengikut.

Halaman

(asp/jbr)