Tilap Duit Member, Wanita di Palu Pengelola Arisan Online Dibui 3,5 Tahun

Andi Saputra - detikNews
Rabu, 25 Nov 2020 16:17 WIB
Palu Hakim. Ari Saputra. Ilustrasi
Ilustrasi Palu (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Warga Palu, Nurul Elyana (29), dihukum 3,5 tahun penjara karena melanggar UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Nurul terbukti menggelar arisan online di Facebook dan membawa kabur uang peserta arisan.

Hal itu tertuang dalam putusan Pengadilan Negeri (PN) Palu yang dilansir di website Mahkamah Agung (MA), Rabu (25/11/2020). Di mana Nurul memulai mengajak arisan di akun Facebook miliknya, 'Alia Thaleb', pada 2019.

Ajakan Nurul disambut baik para nitizen. Arisan Nurul ada dua jenis yaitu yang dikocok per 20 hari dan per 10 hari. Satu klub arisan bisa mendapatkan Rp 3 juta-100 juta sekali putaran. Ada juga arisan ponsel, sepeda motor, hingga emas batangan. Tiap anggota arisan bisa menyetor di kisaran Rp 1 jutaan.

Arisan Nurul membuat warganet ramai-ramai ikut. Mereka menyetor lewat transfer. Awalnya, proses lancar hingga akhirnya mulai macet. Selidik punya selidik, uang yang terkumpul tidak ditransfer ulang ke peserta yang mendapat arisan, tapi malah masuk kantong pribadi.

Dihitung-hitung, uang peserta arisan yang masuk ke pundi-pundinya mencapai Rp 179 juta. Peserta kemudian mempolisikan Nurul dan Nurul akhirnya diadili di kursi panas.

"Saya mengaku bersalah dan menyesali perbuatannya serta berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya," kata Nurul di persidangan.

Selanjutnya
Halaman
1 2