ADVERTISEMENT

Pakar UI Mengulas Rabu Pon, Hari Pilihan Jokowi untuk Lantik Menteri

Danu Damarjati - detikNews
Rabu, 23 Des 2020 06:13 WIB
Presiden Joko Widodo resmi melantik Gubernur Riau terpilih Syamsuar dan Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution. Mereka disumpah secara Islam.
Ilustrasi: Presiden Jokowi melantik menteri. (Rengga Sancaya/detikcom)

Karakter hari pasaran Pon sendiri adalah 'menunjukkan kemampuan dan kekuatan'. Karakter ini bisa dikelola ke arah positif sehingga nantinya orang yang diberi amanat (pejabat pemerintahan) bisa mengayomi, melindungi, dan mencerahkan rakyat. Namun Rabu Pon mengandung karakter negatif juga.

"Waktu sekarang adalah di antara tanggal 1-30 Jumadilawal 1954 atau 16 Desember 2020-14 Januari 2021. Artinya, pada bulan ini memiliki karakter 'geringen genti-genti (sakit-sakitan secara bergantian)'," kata Darmoko yang juga dosen di Program Studi Jawa FIB UI ini.

Periode siklus waktu 'sakit-sakitan' ini mengisyaratkan adanya situasi yang tidak diinginkan yang bakal dihadapi. Situasi sosial masyarakat mengangat meski tidak signifikan, masih ada individu maupun institusi yang saling beradu unggul. Namun Darmoko meyakini semuanya akan baik kembali.

"Berbekal pada nilai kerukunan, kebersamaan, dan kesamaan situasi masyarakat akan kondusif kembali," kata dia.

Entah pertimbangan apa yang melatarbelakangi pemilihan Rabu Pon, apakah hanya kebetulan atau tidak. Yang jelas, ini bukan pertama kali Jokowi memilih Rabu Pon sebagai puncak reshuffle kabinet. Berikut daftarnya:

Reshuffle Jilid I: Rabu Pon 12 Agustus 2015
Reshuffle Jilid II: Rabu Pon 27 Juli 2016
Reshuffle Jilid III: Rabu Pahing 17 Januari 2018
Reshuffle Jilid IV: Rabu Pahing 15 Agustus 2018

Diluar hari Rabu, Jokowi juga pernah melantik menteri di hari Jumat. Agus Gumiwang dilantik menjadi Menteri Sosial menggantikan Idrus Marham pada Jumat Legi 24 Agustus 2018. Sebelumnya, Ignasius Jonan dilantik menjadi Menteri ESDM menggantikan Arcandra Tahar pada Jumat Pahing 14 Oktober 2016.

Hari ini, Jokowi juga akan melantik enam menteri barunya, yakni Tri Rismaharini (Risma) sebagai Menteri Sosial, Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan, Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama, Wahyu Sakti Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, serta M Luthfi sebagai Menteri Perdagangan.

"Dan pelantikan akan dilaksanakan insyaallah besok pagi," kata Jokowi di halaman belakang Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (22/12) kemarin.


(dnu/dwia)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT