Letjen Herindra Dikabarkan Jadi Wamenhan Pengganti Sakti Wahyu Trenggono

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Selasa, 22 Des 2020 19:00 WIB
Pangdam Silwangi Mayjen M Herindra dalam sertijab Korem 065 Maulana Yusuf Banten, Senin 9 Januari 2017
Letjen Muhammad Herindra (Bahtiar Rifai/detikcom)
Jakarta -

Reshuffle Kabinet Indonesia Maju kabarnya tak akan berhenti di rotasi 6 menteri. Posisi wamen yang ditinggal penghuninya juga akan diisi, bahkan akan ada penambahan kursi pendamping menteri.

Salah satu yang dikabarkan akan menjadi Wamenhan adalah Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letnan Jenderal TNI Muhammad Herindra. Kasum TNI itu disebut akan menggantikan Sakti Wahyu Trenggono yang telah ditunjuk menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan.

"Isunya sih begitu," kata anggota Komisi I DPR RI Syaifullah Tamliha kepada wartawan, Selasa (22/12/2020).

Menurut Tamliha, Kementerian Pertahanan merupakan pos yang cukup strategis di dalam kabinet menteri. Oleh sebab itu, kata Tamliha, sosok Letjen Herindra dinilai cocok menjadi Wamenhan.

Anggota DPR dari Fraksi PDIP dan PPP menjadi pembicara dalam Diskusi Dialektika Demokrasi. Diskusi itu membahas perihal TKI yang dihukum mati tanpa notifikasi.Syaifullah Tamliha (Lamhot Aritonang/detikcom)

"Jabatan Menteri Pertahanan adalah posisi yang strategis di dalam kabinet siapapun presidennya, sehingga sangat dibutuhkan seorang Wakil Menteri. Bagi saya, Letjen TNI Muhammad Herindra, yang sekarang menjabat Kasum Mabes TNI, adalah sosok yang ideal untuk posisi tersebut," ujar Tamliha.

Tamliha menjelaskan, sejumlah jabatan strategis pernah diemban Letjen Herindra. Selain itu, Letjen Herindra pernah memperoleh penghargaan mentereng dalam bidang pendidikan militer.

Tonton video 'Sakti Wahyu Trenggono Ditunjuk Jokowi Jadi Menteri KKP':

[Gambas:Video 20detik]