18 Hari Usai Banjir Medan, Tanggul Sungai yang Jebol Masih Diperbaiki

Datuk Haris Molana - detikNews
Selasa, 22 Des 2020 16:06 WIB
Perbaikan tanggul sungai yang jebol di Medan (Datuk Haris Molana-detikcom)
Perbaikan tanggul sungai yang jebol di Medan. (Datuk Haris Molana/detikcom)
Medan -

Tanggul sungai yang jebol hingga memicu banjir di Tanjung Selamat, Medan Tuntungan, beberapa waktu lalu masih diperbaiki. Ada alat berat yang dikerahkan memperbaiki tanggul.

Pantauan detikcom di lokasi, Selasa (22/12/2020), tampak sejumlah pekerja berada di lokasi tanggul jebol. Mereka terlihat mengangkut tanah untuk memperbaiki tanggul yang jebol.

Alat berat juga terlihat digunakan untuk memadatkan tanggul yang ada di lokasi. Sejumlah rumah di dekat lokasi tanggul jebol terlihat masih dalam kondisi rusak.

Sebelumnya, banjir terjadi di Tanjung Selamat, Medan, Jumat (4/12). Ada enam orang yang tewas akibat peristiwa ini dan ratusan warga terpaksa mengungsi.

Banjir di daerah ini diduga terjadi akibat tanggul Sungai Belawan yang jebol. Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, mengatakan telah meminta Balai Wilayah Sungai (BWS) melakukan perbaikan tanggul dan normalisasi sungai.

Perbaikan tanggul sungai yang jebol di Medan (Datuk Haris Molana-detikcom)Perbaikan tanggul sungai yang jebol di Medan. (Datuk Haris Molana/detikcom)

"Ada tebing-tebing yang harus dilakukan rekayasa untuk kelancaran air, kalau tidak ini setiap tahun juga akan banjir. Ini dia yang harus kita lakukan. Nah nanti kami akan bersama-sama bupati dan mengkoordinasikan setelah ini semua air turun dan bisa kita lakukan secara pasti apa yang tindakan berikutnya," ucap Edy.

Banjir saat itu juga sempat merendam banjir terjadi di Gang Merdeka, Medan Maimun, wilayah Medan Helvetia, dan jalan lintas Medan-Binjai. Kemacetan panjang terjadi dari arah Medan menuju Binjai dan sebaliknya.

(haf/haf)