Cerita Penyintas Corona, 13 Hari Melawan Musuh Tak Kasat Mata

Billy Triantoro - detikNews
Selasa, 22 Des 2020 09:32 WIB
Ilustrasi pasien di rumah sakit
Ilustrasi (iStock)
Jakarta -

Rabu 25 November 2020 menjadi hari paling menegangkan dalam hidup saya. Dagdigdug menunggu hasil swab. Email dari rumah sakit masuk pada pukul 08.26 WIB. Hasilnya, saya positif. Saya harus 'staycation' di RS.

Deg-degan, kaget, dan bingung campur-baur. Hati berkecamuk. Bagaimana tidak, saya yang paling cerewet soal prokes di keluarga, justru positif COVID-19 dengan gejala batuk serta sesak napas. Ditambah lagi anak, istri serta ibu mertua, juga positif Corona. Makin lengkaplah kegamangan saya. Untungnya, keluarga saya masuk kategori orang tanpa gejala (OTG), jadi dirawat di tempat lain.

Pukul 11.30 WIB, dengan diantar istri, saya sampai di salah satu RS di Jakarta dengan kondisi sudah kepayahan. Setelah mengisi form pendaftaran dan tetek bengek administrasi, saya menunggu di ruang ICU. Kok sepi, pikir saya, katanya yang kena corona banyak. Ternyata tebakan saya jauh meleset. Tak lama saya menunggu, mulai berdatangan orang-orang yang gejalanya mirip saya, batuk-batuk.

Ruang ICU berubah menjadi penuh sampai 3 baris dalam waktu singkat. Dalam hati, waduh, udah kaya antre sembako aja! Para calon pasien bervariasi jenisnya. Ada bapak-bapak, anak muda, ibu-ibu sampai om-om. Corona tak pandang bulu, mau bulu tua, bulu muda, semua dihajarnya.

Di ruang ICU, pikiran saya melanglang ke mana-mana. Termasuk soal dari mana saya terinfeksi virus corona, musuh tak kasat mata. Sebelumnya saya memang sempat bepergian ke luar kota. Tapi entah di mana 'serangan' virus itu terjadi.

Setelah berjam-jam di ICU, malam harinya saya diantar ke kamar perawatan. Ruangan terletak di lantai 9. Say goodbye ke istri untuk sementara waktu. Wah bakal sepi nih, namanya juga diisolasi. Eh ternyata salah, saya seruangan dengan 3 pasien.

Simak video 'Frustrasi Pandemi Corona, Masyarakat Alami Pandemic Fatigue':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya, di kasur perawatan: