Cerita Sedih Tenaga Medis Lihat Teman Seprofesi Meninggal karena Corona

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 02 Okt 2020 17:23 WIB
Dialog dr Reisa dengan tenaga medis yang menangani COVID-19.
Dialog dr Reisa dengan tenaga medis yang menangani COVID-19. (Foto: BPMI Setpres)
Jakarta -

Ada kisah haru di balik perjuangan tenaga medis dalam menangani kasus virus Corona (COVID-19) di fasilitas kesehatan. Tidak jarang, mereka melihat sesama rekan seprofesinya terpapar virus Corona, bahkan sampai meninggal dunia.

Hal ini diceritakan dua tenaga medis yang berbincang dengan Jubir Satgas Penanganan COVID-19 dr Reisa Broto Asmoro. Tim relawan medis Wisma Atlet dr Debryna dan Kepala ICU RS Kanujoso di Balikpapan Rustina Susanti menceritakan pengalaman sedih tersebut.

"Sedih sekali, karena saya ingat sekali ada teman saya yang cukup dekat ngasih tahu kalau si ini terkena COVID-19 dan di ICU. Wah drop sekali, karena tahu itu teman sendiri saya merasa 'wow ini sudah sedekat itu sampai di lingkaran saya terinfeksi'. Dan nggak main-main, masuk ICU," ungkap dr Debryna kepada dr Reisa seperti ditayangkan saluran YouTube Setpres, Jumat (2/10/2020).

Sementara itu, Santi menceritakan rekan sejawatnya masuk ICU dan sampai meninggal dunia karena virus Corona. Santi terpukul melihat temannya meninggal.

"Belum sebulan, masih 3 minggu itu teman kami meninggal di ICU, dok. Saya mau nangis kalau ingat. Ini beneran tidur berapa jam, saya sampai minta divideokan tindakan inkubasi. Benar terlibat drama dan bikin lemas semuanya," ujar Santi.

Selanjutnya
Halaman
1 2