Bukan Sekali Ini Pengawal Tahanan Dipecat KPK karena Terima Uang

Zunita Putri - detikNews
Selasa, 22 Des 2020 05:52 WIB
Gedung KPK
Gedung KPK (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Peristiwa pemecatan pengawal tahanan KPK seperti yang dilakukan Dewan Pengawas (Dewas) terhadap pengawal Imam Nahrawi ternyata bukan hal yang baru di lingkungan KPK. Jauh sebelum peristiwa ini, KPK juga telah memecat seorang pengawal tahanan. Siapa dia?

Peristiwa ini terjadi pada sekitar Juli 2019. Pengawal tahanan yang dipecat KPK adalah pengawal Idrus Marham berinisial M.

Peristiwa bermula ketika Idrus berada di RS MMC Jakarta. Idrus Marham saat itu sedang berobat ke RS MMC, Jakarta, pada Jumat, 21 Juni 2019.

Izin berobat Idrus itu didapatnya dari penetapan Pengadilan Tinggi Jakarta pada 21 Juni 2019. Idrus didapati berada di kawasan kedai kopi, di RS MMC Jakarta selepas salat Jumat, Idrus di sana tidak menggunakan rompi tahan dan borgol serta tampak menggunakan ponsel milik seseorang saat berada di kedai kopi tersebut.

Atas hal itu, Ombudsman menyimpulkan adanya maladministrasi dalam pengawalan Idrus Marham. Ombudsman juga menunjukkan barang bukti berupa CCTV yang memperlihatkan Idrus mengobrol dengan sejumlah orang. Ada juga rentang waktu saat pengawal tahanan tidak berada di dekat Idrus ketika di kedai kopi.

"Pimpinan memutuskan Saudara M pengawal tahanan tersebut diberhentikan dengan tidak hormat karena terbukti melakukan pelanggaran disiplin sebagaimana yang diatur di Peraturan tentang Kode Etik KPK dan aturan lain yang terkait," kata Febri Diansyah yang saat itu masih menjabat sebagai Kabiro Humas KPK.

Febri menyebut pemecatan dilakukan setelah pengawas internal (PI) melakukan pemeriksaan. Pemeriksaan ini, kata Febri, dilakukan sendiri oleh PI KPK terhadap saksi dan bukti elektronik.

Simak juga video 'Penasihat Wadah Pegawai KPK Mundur, Nanang Farid: Saya Finish':

[Gambas:Video 20detik]