Rizal Kobar Bantah Aksi 1812 Picu Kerumunan: Kan Dibubarkan Sebelum Mulai

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Selasa, 22 Des 2020 05:36 WIB
Korlapo Aksi 1812, Rizal Kobar
Rizal Kobar (Sachril/detikcom)
Jakarta -

Polisi meningkatkan kasus kerumunan pada Aksi 1812 ke tingkat penyidikan. Rizal Kobar selaku koordinator lapangan (korlap) membantah terjadi kerumunan di Aksi 1812.

"Soal kerumunan ini tidak ada, karena dibubarkan sebelum aksi, itu kan dibubarkan sama mereka sebelum acara dimulai, tapi banyak hal-lah," kata Rizal Kobar kepada wartawan, Senin (21/12/2020) malam.

Rizal Kobar mengaku kaget akan adanya unsur pidana dalam kasus ini. Dia mengaku belum pernah dipanggil untuk dimintai keterangan.

"Saya sebagai koordinator aksi pada prinsipnya patuh dengan hukum. Cuma saya kaget dia menyatakan masuk ke tahapan penyidikan, saya aja belum pernah dipanggil dan tidak ada surat," kata dia.

Meski demikian, Rizal mengaku siap jika dipanggil oleh polisi. Dia menyebut dirinya taat dengan proses hukum. Dia juga mengaku sudah memiliki kuasa hukum yang akan mendampingi.

"Pada prinsipnya kita siap kalau toh itu memang ada, menjalankan proses hukum maka saya akan dipanggil, dan saya akan datang," katanya.

"Tapi ya kita hadapi secara dingin saya akan hadir kalau memang ada surat panggilannya, kalau tahap penyidikan itu hak polisilah. Saya nunggu perkembangan, pada prinsipnya bahwa banyak kawan-kawan dari lawyer siap bantu saya," imbuhnya.