Round-Up

Adu Bukti soal Tewasnya Laskar di Komnas HAM antara Polri dan FPI

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Senin, 21 Des 2020 20:09 WIB
Anggota tim penyidik Bareskrim Polri memperagakan adegan saat rekonstruksi kasus penembakan enam anggota laskar Front Pembela Islam (FPI) di Karawang, Jawa Barat, Senin (14/12/2020) dini hari. Rekonstruksi tersebut memperagakan 58 adegan kasus penembakan enam anggota laskar FPI di tol Jakarta - Cikampek KM 50 pada Senin (7/12/2020) di empat titik kejadian perkara. ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/aww.
Rekonstruksi penembakan Laskar FPI (Muhamad Ibnu Chazar/Antara Foto)
Jakarta -

Kasus insiden penembakan antara Laskar Front Pembela Islam (FPI) dan polisi di Km 50 Tol Jakarta-Cikampek terus diusut Komnas HAM. Bareskrim Polri dan FPI sama-sama memberi bukti-bukti kuat ke Komnas HAM.

Pada Senin, 20 Desember 2020 ini, pengacara bersama keluarga 6 anggota Laskar FPI yang tewas ditembak polisi menyambangi Komnas HAM guna menyerahkan bukti kasus penembakan 6 anggota laskar FPI versi mereka.

Demikian pula pihak Bareskrim Polri juga akan memperlihatkan barang bukti serta mobil yang digunakan oleh laskar FPI dan polisi sesuai dengan yang dimintakan Komnas HAM.

Keluarga Laskar FPI Serahkan Bukti Penembakan

FPI bersama perwakilan keluarga dari 6 anggota laskar yang tewas menyerahkan bukti yang dikumpulkan FPI atas kasus penembakan 6 anggota laskar di Km 50 Tol Jakarta-Cikampek ke Komnas HAM.

Pantauan detikcom, Senin (21/12/2020), rombongan tokoh-tokoh FPI tiba terlebih dahulu pukul 09.45 WIB. Tokoh-tokoh FPI yang hadir antara lain Ketum PA 212 Slamet Maarif, Habib Hanif Alatas, Yusuf Martak, Habib Muchsin, dan Edy Mulyadi. Turut mendampingi mereka politikus PKS, Mardani Ali Sera.

Tidak lama kemudian, rombongan keluarga 6 laskar hadir didampingi pengacaranya, Aziz Yanuar. Sebelumnya, turut hadir Ketua Bantuan Hukum FPI, Sugito Atmo Pawiro.

Rombongan keluarga 6 laskar langsung masuk ke kantor Komnas HAM. Mereka tampak menggunakan masker dan melewati pengecekan protokol kesehatan.

"Rencananya bersama dengan para perwakilan keluarga para syuhada dan beberapa tokoh nasional akan mendatangi Komnas HAM RI guna memberikan bukti," kata Azis Yanuar, selaku pengacara keluarga 6 anggota laskar FPI, dalam keterangannya, Senin (21/12/2020).

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.