KPK Eksekusi Penyuap Bupati Kutai Timur Nonaktif ke Lapas Tangerang dan Bontang

Zunita Putri - detikNews
Senin, 21 Des 2020 13:13 WIB
Gedung KPK
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

KPK mengeksekusi penyuap Bupati Kutai Timur Nonaktif Ismunandar, Aditya Maharani Yuono ke Lapas Kelas IIA Tangerang. Aditya akan menjalani pidana penjara 1 tahun 6 bulan.

"Jaksa eksekusi KPK telah melaksanakan putusan PN Tipikor pada PN Samarinda Nomor: 24/Pid.Sus-TPK/2020/PN.Smr tanggal 30 November 2020 an.Terpidana Aditya Maharani Yuono pada Rabu 16/12/2020 dengan cara memasukkan ke Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Tangerang untuk menjalani pidana penjara selama 1 tahun dan 6 bulan dikurangi selama berada dalam tahanan," kata Plt Jubir KPK, Ali Fikri, kepada wartawan, Senin (21/12/2020).

Aditya juga dijatuhi hukuman membayar denda sebesar Rp 250 juta subsider 4 bulan kurungan. Selain Aditya, KPK juga mengeksekusi Deki Aryanto ke Lapas Kelaa II Bontang yang juga merupakan penyuap Ismunandar.

Berbeda dengan Aditya, hukuman Deki lebih berat. Deki divonis hakim PN Tipikor Samarinda 2 tahun penjara dan denda Rp 250 juta subsider 4 bulan kurungan.

"Terpidana Deki Aryanto dengan cara memasukkan ke Lembaga Pemasyarakatan Klas II Bontang untuk menjalani pidana penjara selama 2 tahun dikurangi selama berada dalam tahanan. Terpidana juga dijatuhi pidana denda sebesar Rp 250 juta subsidair 4 bulan kurungan," ucap Ali.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.