Kemlu: Staf Kedubes Jerman yang ke Markas FPI Inisiatif Pribadi

Tim detikcom - detikNews
Senin, 21 Des 2020 08:24 WIB
gedung Pancasila di Kemlu
Ilustrasi gedung Pancasila di Kemlu (Foto: dok Kemlu)
Jakarta -

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) mengatakan staf Kedubes Jerman ke markas FPI atas inisiatif pribadi. Pertemuan tersebut, dikatakan Kemlu, tanpa sepengetahuan pimpinan Kedubes Jerman.

"Dalam pertemuan, Kepala Perwakilan Kedutaan Besar Jerman membenarkan keberadaan staf Kedutaan di sekretariat organisasi tersebut. Kepala Perwakilan Kedubes Jerman menyampaikan bahwa keberadaan staf Kedubes Jerman di tempat tersebut dan pertemuan yang dilakukan adalah atas inisiatif pribadi tanpa mendapatkan perintah atau sepengetahuan pimpinan Kedutaan Besar Jerman," tulis pernyataan Kemlu di laman resminya, seperti dikutip detikcom, Senin (21/12/2020).

Kemlu menerangkan Kedubes Jerman sudah menyampaikan permintaan maaf dan menyesalkan kejadian tersebut. Ditambahkan Kemlu, kunjungan staf diplomatik ke markas FPI bukan dukungan resmi Kedubes Jerman pada FPI.

"Atas kejadian ini, Kepala Perwakilan Kedubes Jerman sampaikan permintaan maaf dan penyesalannya atas kejadian tersebut," kata Kemlu.

Menindaklanjuti kejadian ini, Kedubes Jerman disebut akan meminta stafnya pulang ke Jerman. Ini bertujuan mempertanggungjawabkan tindakannya dan memberi klarifikasi kepada pemerintah Jerman.

"Kedubes Jerman menyampaikan bahwa staf diplomatik tersebut telah diminta kembali segera (ke Jerman, red) untuk mempertanggungjawabkan tindakannya dan memberikan klarifikasi kepada pemerintahnya," ujar Kemlu.

Simak juga video 'Aksi 1812: Dibubarin Paksa, Ditangkap, Eh Ada yang Reaktif Corona':

[Gambas:Video 20detik]



Halaman selanjutnya soal klaim FPI...

Selanjutnya
Halaman
1 2