Kemlu Sebut Kedubes Jerman Akan Pulangkan Staf Diplomatik yang ke Markas FPI

Tim detikcom - detikNews
Senin, 21 Des 2020 07:24 WIB
WNA yang diklaim dari Kedubes Jerman mendatangi markas FPI / Dok. Istimew/FPI
Staf diplomatik Kedubes Jerman mendatangi markas FPI. (Foto: Dok. Istimewa/FPI)
Jakarta -

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) sudah bertemu perwakilan Kedubes Jerman soal salah seorang staf diplomatik mereka yang ke markas FPI di Petamburan, Jakarta. Kemlu menyebut, staf diplomatik Kedubes Jerman akan ditarik pulang ke negara asalnya.

"Kedubes Jerman menyampaikan bahwa staf diplomatik tersebut telah diminta kembali segera (ke Jerman, red) untuk mempertanggungjawabkan tindakannya dan memberikan klarifikasi kepada pemerintahnya," ujar pernyataan resmi Kemlu RI, Senin (21/12/2020).

Dalam pertemuan dengan Kemlu, Kedubes Jerman mengatakan bahwa staf diplomatiknya ke markas FPI atas inisiatif pribadi. Kedubes Jerman menyampaikan permintaan maaf dan menyesalkan kejadian ini.

"Kepala Perwakilan Kedubes Jerman menyampaikan bahwa keberadaan staf Kedubes Jerman di tempat tersebut dan pertemuan yang dilakukan adalah atas inisiatif pribadi tanpa mendapatkan perintah atau sepengetahuan pimpinan Kedutaan Besar Jerman. Atas kejadian ini, Kepala Perwakilan Kedubes Jerman sampaikan permintaan maaf dan penyesalannya atas kejadian tersebut," jelas Kemlu.

Kedubes Jerman pun menyampaikan dukungan pemerintah Jerman untuk melanjutkan kerja sama bilateral dengan Indonesia untuk melawan intoleransi, radikalisme, dan ujaran kebencian. Lebih lanjut, Kemlu menuntut Kedubes Jerman memberikan pernyataan resmi ke publik soal staf diplomatiknya yang ke markas FPI.



"Kementerian Luar Negeri menuntut agar Kedutaan Besar Jerman memberikan pernyataan resmi kepada publik sebagaimana yang dijelaskan kepada Kementerian Luar Negeri," tegas Kemlu.

Simak video 'Aksi 1812: Dibubarin Paksa, Ditangkap, Eh Ada yang Reaktif Corona':

[Gambas:Video 20detik]





Selanjutnya soal klaim FPI...