Round-Up

Isu Politis Ditepis Kedubes Jerman saat Kunjungan ke FPI Jadi Sorotan

Tim detikcom - detikNews
Senin, 21 Des 2020 07:05 WIB
WNA yang diklaim dari Kedubes Jerman mendatangi markas FPI / Dok. Istimew/FPI
Foto: Dok. Istimew/FPI / WNA yang diklaim dari Kedubes Jerman mendatangi markas FPI
Jakarta -

Kunjungan dari Kedutaan Besar (Kedubes) Jerman untuk Indonesia ke markas FPI menjadi sorotan. Sebab, kunjungan itu dipandang sangat politis.

FPI beberapa waktu lalu mengklaim dikunjungi pihak Kedubes Jerman. Pihak Kedubes Jerman diaku FPI ikut berbelasungkawa atas tewasnya 6 laskarnya yang mengawal Habib Rizieq Shihab.

Klaim itu disampaikan Sekretaris Umum FPI Munarman pada Sabtu (19/12) lalu. Munarman mengatakan, dua orang dari Kedubes Jerman berkunjung ke Sekretariat DPP FPI, Petamburan, Jakarta Pusat pada Kamis (17/12) siang hari.

"Dari Kedutaan Jerman sudah datang ke Sekretariat FPI. Dari pihak Kedubes Jerman menyampaikan turut berdukacita dan belasungkawa atas kejadian dibunuhnya enam syuhada," kata Munarman.

Munarman pun menilai, datangnya pihak Jerman di tengah kasus tewasnya enam anggota FPI itu bakal mengawali perhatian global atas kasus ini. Dia menyebut tewasnya enam anggota FPI itu sebagai pembunuhan di luar hukum.

"Perhatian internasional terhadap kasus extrajudicial killing enam syuhada akan berdampak pada reputasi Indonesia di dunia internasional," ujar Munarman.

Namun, klaim FPI tersebut waktu itu masih sepihak saja. Kementerian Luar Negeri RI pun kemudian melakukan pendalaman atas klaim FPI itu.

Simak video 'Aksi 1812: Dibubarin Paksa, Ditangkap, Eh Ada yang Reaktif Corona':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2