Round-Up

4 Fakta Terbongkarnya Bunker Teroris Upik Lawanga untuk Rakit Senjata

Tim detikcom - detikNews
Senin, 21 Des 2020 06:48 WIB
Kabagpenum Kombes Pol Ahmad Ramadhan Mabes Polri (kedua kiri) menunjukkan bungker tempat terduga teroris Taufik Bulaga alias Upik Lawanga merakit senjata di Desa Sribawono, Lampung Tengah, Lampung (19/12/20). Upik Lawanga merupakan DPO Kepolisian sejak 14 tahun lalu yang diduga merakit bom, kasus bom di Hotel JW Marriott dan Hotel Ritz-Carlton. ANTARA FOTO/Ardiansyah/rwa.
Bunker Upik Lawanga / Foto: ANTARA FOTO/ARDIANSYAH
Jakarta -

Siasat persembunyian Taufik Bulaga alias Upik Lawanga yang tergabung dalam kelompok teroris Jamaah Islamiyah terungkap. Salah satunya adalah dengan menggunakan bunker.

Upik Lawanga ditangkap pada 23 November 2020 yang lalu setelah 14 tahun buron. Dia ditangkap di Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung. Dia kini sudah dibawa ke Jakarta.

Polisi mengungkap Upik Lawanga disebut sebagai 'profesor' karena pintar membaca situasi dan karakteristik suatu wilayah dia berada. Agar tidak dicurigai warga, Upik membuat bom berbentuk senter sesuai dengan kebiasaan masyarakat di tempatnya berada, yang kerap membawa senter pada malam hari.

Kecerdikan Upik Lawanga juga terlihat dari caranya berkamuflase dan bersembunyi. Selama di Lampung, dia mencari uang dengan berjualan bebek dan dikenal dengan nama Udin Bebek.

Siapa sangka, peternakan bebek itu hanya penyamaran. Di baliknya, ada rumah dengan bunker yang digunakan untuk merakit senjata dan bom.

Tonton video 'Menelusuri Bunker Persembunyian Teroris Upik Lawanga':

[Gambas:Video 20detik]



Berikut fakta-fakta yang dirangkum dari pengungkapan bunker Upik Lawanga di Lampung

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4