Hadiri Muktamar PPP, Hamzah Haz Jelaskan Kondisi Terkini Kesehatannya

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 20 Des 2020 15:15 WIB
Hamzah Haz (Foto: Tangkapan layar YouTube)
Hamzah Haz (Foto: Tangkapan layar YouTube)
Jakarta -

Wakil Presiden ke-9 RI Hamzah Haz menghadiri penutupan Muktamar IX PPP secara virtual. Dia pun menjelaskan kondisi kesehatannya setelah dirawat di RSPAD selama dua bulan.

Dilihat detikcom pada Minggu (20/12/2020), Hamzah Haz terlihat menggunakan kemeja putih dan jas PPP berwarna hijau. Dalam sambutannya, Ketua Umum PPP periode 1998-2007 itu mengungkapkan kebahagiaannya dapat memberi sambutan dalam Muktamar IX PPP meskipun kondisinya belum pulih sepenuhnya.

"Saya masih dapat berbahagia diminta sambutan dalam masa keadaan belum pulih benar penyakit. Mungkin Saudara tahu saya hampir 2 bulan dirawat di RS," kata Hamzah Haz dalam sambutannya, Minggu (20/12/2020).

Seperti diketahui, banyak publik yang bertanya-tanya mengenai kondisi kesehatan wakil presiden di era kepemimpinan Presiden Megawati Soekarnoputri ini setelah dirawat intensif di RSPAD.

Hamzah Haz juga menyinggung perihal kabar yang menyebutnya telah meninggal dunia. Sebelumnya, Hamzah Haz memang diisukan meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

"Bahkan ada berita yang menyatakan bahwa saya sudah meninggal. Ya begitulah, tapi Allah yang punya kekuasaannya. Walaupun keadaan belum keadaan yang fit sesuai umur saya yang hampir mencapai 81 tahun, tapi karena sangat cinta saya ke PPP, makanya permintaan DPP ini saya penuhi," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Hamzah Haz dirawat di RSPAD karena disebut mengalami gangguan organ. Per Jumat, 23 Oktober 2020, Hamzah Haz masih dirawat di ruang Cerebro Intensive Care Unit (CICU), namun diperbolehkan dijenguk.

PPP sebelumnya juga meluruskan adanya isu Hamzah Haz meninggal. Di grup WhatsApp dan media sosial, termasuk Twitter, memang ada sejumlah akun mencuitkan isu meninggalnya Hamzah Haz. Diisukan Hamzah Haz meninggal dunia pada Senin, 19 Oktober 2020, pukul 13.45 WIB. Namun Sekjen PPP Arsul Sani membantah isu tersebut.

Hamzah Haz juga disebut sempat kekurangan oksigen, tapi kala itu kondisinya sudah stabil. Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin meneruskan pesan dari tim dokter kepresidenan. Hamzah Haz kini masuk ruang Cerebro Intensive Care Unit (CICU) RSPAD Gatot Soebroto.

"Info dr Kol CKM Rakhmat, Sekretaris Dokter Kepresidenan 2019-2024: Bapak Hamzah Haz masuk CICU RSPAD dari ruang rawat karena tensi rendah dan kekurangan oksigen pada dua jam yang lalu. Sekarang kondisi stabil," kata Bey lewat pesan singkat, Senin (19/10).

Tonton juga 'Wapres ke-9 Hamzah Haz Dirawat di RSPAD':

[Gambas:Video 20detik]

(mae/mae)