PPP: Kondisi Pak Hamzah Haz Alami Kemajuan, Bisa Respons dengan Anggukan

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Senin, 19 Okt 2020 21:25 WIB
Ketua Umum PPP Muktamar Jakarta Humphrey Djemat bersama pengurus partai lainnya berkunjung ke rumah Hamzah Haz. Apa yang dibahas keduanya?
Wakil Presiden ke-9 RI Hamzah Haz (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Kondisi Wakil Presiden ke-9 RI Hamzah Haz yang tengah dirawat di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, terus mengalami kemajuan. Hamzah Haz, yang masih dirawat di ruang HICU, disebut sudah bisa berkomunikasi.

"Pak Hamzah Haz memang tadi pagi mengalami penurunan kesadaran. Oleh karena itu, oleh tim dokter yang merawatnya dipindahkan ke HICU RSPAD. Namun alhamdulillah sejak sore tadi kondisi beliau mengalami kemajuan," kata Sekjen PPP Arsul Sani kepada wartawan, Senin (19/10/2020).

Arsul menjenguk langsung Hamzah Haz di RSPAD petang tadi. Menurutnya, Hamzah Haz sudah bisa berkomunikasi meski tanpa kata-kata.

"Waktu saya jenguk habis magrib tadi bisa berkomunikasi, meski tidak bisa mengucapkan kata-kata, karena beliau dibantu alat pernapasan," ujarnya.

Anggota Komisi III DPR itu mengatakan Hamzah Haz bisa merespons dengan anggukan dan kata-kata lirih. Hamzah Haz juga sempat menitikkan air mata saat Arsul menyampaikan salam dari para sahabatnya.

"Beliau merespons dengan mencoba anggukan, atau berkata lirih ucapkan terima kasih dan mohon doa, juga ketika disampaikan salam dari sahabat-sahabat seangkatannya yang masih hidup, beliau teteskan air mata," ujar Arsul.

Seperti diketahui, Hamzah Haz disebut mengalami gangguan organ. Per Jumat, 15 Oktober, lalu, Hamzah Haz sudah diberi alat bantu pernapasan. Saat itu kondisinya disebut terkontrol.

PPP juga meluruskan adanya isu Hamzah Haz meninggal. Di grup WhatsApp dan media sosial, termasuk Twitter, memang ada sejumlah akun mencuitkan isu meninggalnya Hamzah Haz.

Diisukan Hamzah Haz meninggal dunia pada Senin, 19 Oktober 2020 pukul 13.45 WIB. Namun, Sekjen PPP Arsul Sani membantah isu tersebut.

"Ajudannya telepon ajudan saya, beliau (Hamzah Haz) masih hidup," kata Arsul saat dikonfirmasi, Senin (19/10) pukul 15.30 WIB.

Hamzah Haz juga sempat kekurangan oksigen, tapi kini kondisinya sudah stabil. Deputi bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin meneruskan pesan dari tim dokter kepresidenan. Hamzah Haz kini masuk ruang Cerebro Intensive Care Unit (CICU) RSPAD Gatot Soebroto.

"Info dr Kol CKM Rakhmat Sekretaris Dokter Kepresidenan 2019-2024: Bapak Hamzah Haz masuk CICU RSPAD dari ruang rawat karena tensi rendah dan kekurangan oksigen pada dua jam yang lalu. Sekarang kondisi stabil," kata Bey lewat pesan singkat, Senin (19/10).

(azr/knv)