Unggul Lawan Kotak Kosong di Pilwakot Semarang, Ini Kata Hendi

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Sabtu, 19 Des 2020 22:41 WIB
Hendrar Prihadi
Foto: Istimewa
Jakarta -

Kota Semarang merupakan satu dari 21 daerah di Provinsi Jawa Tengah yang menggelar pilkada serentak pada 9 Desember 2020 silam. Meski sempat diprediksi akan kesulitan mempertahankan partisipasi pemilih di masa pandemi COVID-19, persentase pemilih di Kota Semarang justru meningkat.

Tahun ini persentase pemilih di Ibu Kota Jawa Tengah tersebut naik menjadi 68,6% dari yang semula 65,9% pada pemilihan wali kota (Pilwalkot) tahun 2015. Hal tersebut tercatatkan dalam hasil hitung cepat tim pemenangan pasangan calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi (Hendi) - Hevearita (Ita).

Tidak hanya itu, berdasarkan tabulasi suara hasil hitung cepat Paslon Hendi - Ita juga berhasil mendapat persentase suara sebesar 91,57%, mengantarkan pasangan tersebut meraih suara terbanyak di Jawa Tengah.

Paslon tunggal dalam Pilwalkot Semarang tersebut unggul telak dengan perolehan suara tak kurang dari 716.805, versi hitung cepat tim pemenangan. Sedangkan kotak kosong memperoleh 65.972 suara.

Soal hasil hitung cepat tim pemenangannya, Hendi selaku calon Wali Kota Semarang periode 2021 - 2024, meyakini jika jumlah tersebut tidak akan berbeda jauh dengan hasil resmi perhitungan dari KPU Kota Semarang.

"Perhitungan yang kami lakukan ini memang bukan perhitungan resmi, tapi paling tidak dengan metode pengambilan suara dari para saksi kami di TPS, mudah - mudahan tidak berbeda jauh dengan rilis KPU," terang Hendi dalam pernyataan tertulis, Sabtu (19/12/2020).

"Untuk perjalanan ke depan pasti kami menunggu keputusan resmi dari KPU, baik perhitungan pemenangan, maupun penetapan pemenang," tekannya.

Di samping itu, terkait kemenangan yang diraihnya, Hendi berterima kasih kepada seluruh masyarakat Kota Semarang, relawan, partai pendukung, serta partai pengusung, terkhusus PDI Perjuangan.

"Ini sesuai dengan target yang ditetapkan oleh tim pemenangan, sehingga kami mengucapkan terima kasih kepada partai pengusung serta pendukung, khususnya untuk Bu Mega dan PDI Perjuangan," tutur Hendi.

"Kemudian kepada teman - teman relawan juga kami ucapkan terima kasih, juga yang terpenting terima kasih kepada seluruh masyarakat Kota Semarang, yang menjaga toleransi, tenggang rasa, sehingga kota ini tetap kondusif selama tahapan pemilihan berlangsung," tambahnya.

(mul/ega)