KPK Terima Laporan Dugaan Korupsi Program Bioflok di KKP

Farih Maulana Sidik - detikNews
Jumat, 18 Des 2020 20:08 WIB
Ali Fikri
Ali Fikri (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

KPK menerima laporan dugaan korupsi terkait program bioflok di Direktorat Jenderal Perikanan Budi Daya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Hal itu dibenarkan oleh Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri.

"Terkait laporan pengaduan tersebut, setelah kami cek, benar telah diterima KPK," kata Ali kepada wartawan, Jumat (18/12/2020).

Ali memastikan akan menindaklanjuti setiap laporan masyarakat dengan terlebih dahulu melakukan verifikasi dan telaah terhadap data laporan tersebut. Menurut Ali, verifikasi dan telaah dilakukan agar diketahui apakah pengaduan itu sesuai ketentuan UU yang berlaku masuk ranah tindak pidana korupsi dan menjadi kewenangan KPK.

"KPK memastikan akan menindaklanjuti setiap laporan masyarakat dengan lebih dahulu melakukan verifikasi dan telaah terhadap data laporan tersebut," ujar Ali.

"Verifikasi dan telaahan agar diketahui apakah pengaduan tersebut sesuai ketentuan UU yang berlaku masuk ranah tindak pidana korupsi dan menjadi kewenangan KPK," sambungnya.

Laporan dugaan korupsi program bioflok di KKP dilayangkan oleh masyarakat yang mengaku perwakilan pengusaha dari Papua sekaligus pemilik CV Manokwari Membangun, Dony Andrian. Dia membuat laporan terkait dugaan korupsi dan monopoli pada program nasional budi daya ikan sistem bioflok di Direktorat Jenderal Perikanan Budi Daya KKP.

Dalam keterangan resminya, Dony mengklaim mempunyai bukti yang menunjukkan kejanggalan pada program bioflok. Ia menduga terjadi persekongkolan jahat dalam program tersebut.