Puluhan Napi Kasus Narkoba di Riau Dipindahkan ke Nusakambangan

Raja Adil Siregar - detikNews
Jumat, 18 Des 2020 19:15 WIB
47 napi narkoba di Riau dipindah ke Nusakambangan. Pemindahan dinilai karena para napi tersebut berpotensi melakukan peredaran narkoba dari dalam lapas.
Sebanyak 47 napi narkoba di Riau dipindah ke Nusakambangan. (Raja/detikcom)
Pekanbaru -

Puluhan narapidana (napi) kasus narkoba dari lima lapas di Riau dipindahkan ke Nusakambangan. Mereka dipindahkan karena dinilai berpotensi mengendalikan peredaran narkoba dari lapas.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkum HAM Riau Ibnu Chuldun mengatakan total ada 53 narapidana dipindahkan hari ini. Enam di antaranya adalah narapidana perempuan

"Hari ini telah dilaksanakan pemindahan terhadap 47 orang narapidana ke Lapas Nusakambangan. Selain itu, ada enam narapidana ke Lapas Perempuan Malang," kata Ibnu, Jumat (18/12/2020).

Dikatakan Ibnu, pemindahan dilaksanakan dengan menggunakan pesawat Hercules dukungan Mabes TNI di Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Pekanbaru. Narapidana berangkat pada pukul 15.00 WIB langsung menuju Yogyakarta.

"Selanjutnya dibawa ke Nusakambangan dan Malang. Pengawalan petugas Lapas, Brimob Polda Riau, Brimob Polda DIY, dan POM TNI AU dengan menerapkan protokol kesehatan," kata Ibnu.

Ibnu memastikan seluruh narapidana yang dipindahkan dari Bumi Lancang Kuning terlibat kasus narkoba. Bahkan berpotensi masih bisa mengendalikan narkoba.

"Semuanya kasus narkoba. Pidana high risk dan potensi masih mengendalikan narkoba dari dalam lapas," katanya.

Narapidana kasus berat itu dipindahkan dari empat lapas adalah Lapas Pekanbaru, Lapas Bangkinang, Lapas Bengkalis, serta Lapas Pasir Pangaraian dan Dumai.

(ras/rfs)