BKSDA Selamatkan Bayi Beruang Madu yang Ditemukan Warga di Kuansing Riau

Raja Adil Siregar - detikNews
Jumat, 18 Des 2020 17:41 WIB
Bayi beruang yang diselamatkan BKSDA di Riau (dok. Istimewa)
Bayi beruang yang diselamatkan BKSDA di Riau. (Foto: dok. Istimewa)
Pekanbaru -

Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau menyelamatkan seekor bayi beruang madu yang ditemukan warga. Beruang madu itu diselamatkan BKSDA setelah penemuannya di-posting di media sosial.

Kepala Balai Besar KSDA Riau Suharyono mengatakan beruang madu itu diselamatkan setelah pihaknya mendapat laporan warga pada Kamis (17/12/2020). Bayi beruang itu berada di Pulau Rengas, Pangean, Kuantan Singingi (Kuansing).

"Penyelamatan ini berawal dari laporan masyarakat ke call center Balai Besar KSDA Riau terkait posting-an seseorang yang sedang menggendong seekor bayi beruang madu," kata Suharyono kepada wartawan, Jumat (18/12).

Tim dari BKSDA Riau kemudian mengecek ke lokasi. Menurutnya, tim sudah menghubungi orang yang menemukan beruang itu agar menyerahkan hewan tersebut secara sukarela.

"Sebelumnya, tim lebih dahulu menelusuri pemilik akun dan bisa menghubungi yang bersangkutan. Tim kami menyampaikan sosialisasi dan imbauan hingga sukarela menyerahkan," ucapnya.

Bayi beruang itu ditemukan di lokasi kerja salah satu perusahaan di sektor Baserah. Selanjutnya, bayi beruang itu dibawa ke rumah oleh orang yang menemukan.

"Tim kami membawa anak beruang dalam kondisi sehat ke Resor Petai. Hari ini tim Resor Bukit Rimbang mengantarkan bayi beruang ke klinik satwa Balai Besar KSDA Riau," katanya.

Dari hasil pemeriksaan, satwa dilindungi itu berjenis kelamin betina. Saat ini bayi beruang dengan berat 1,65 kg itu dalam keadaan sehat.

"Untuk sementara satwa dirawat di klinik satwa Balai Besar KSDA Riau, dirawat intensif dan diobservasi hingga tim medis memutuskan bahwa satwa sudah mampu hidup di alam untuk mencari makan sendiri," ucapnya.

(ras/haf)