ADVERTISEMENT

Tolak Jadi Mensos, Ahmad Basarah Usulkan Risma hingga Djarot

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Jumat, 18 Des 2020 14:06 WIB
Wakil Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah
Ahmad Basarah (Eko Sudjarwo/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah nama kader PDI Perjuangan (PDIP), seperti Tri Rismaharini dan Ahmad Basarah, diusulkan menjadi pengganti Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara. Menanggapi isu itu, Ahmad Basarah mengaku sudah mendapat tugas khusus dari Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Bu Mega sudah memberikan saya suatu tugas khusus dan spesifik dalam konteks pembangunan bangsa sehingga saya harus fokus pada tugas tersebut," kata Basarah dalam keterangannya, Jumat (18/12/2020).

Sayangnya, Basarah enggan menjelaskan lebih jauh mengenai tugas khusus yang ia maksud. Menurut Basarah, ada kader PDIP lain yang dinilai lebih layak menggantikan Juliari Batubara.

"Nama-nama seperti Tri Rismaharini, Djarot Syaiful Hidayat, Eriko Sotarduga Sitorus, Sukur Nababan, dan Komarudin Watubun saya nilai sebagai figur yang potensial menjadi Mensos," ujar Basarah.

Kendati demikian, Wakil Ketua MPR RI itu menegaskan hanya Ketum PDIP Megawati yang memiliki kewenangan memberikan usulan pengganti Mensos Juliari. Sedangkan, menurutnya, hanya Presiden Jokowi yang memiliki kewenangan mengangkat Mensos.

"Wewenang untuk mengusulkan nama calon menteri dari internal PDI Perjuangan adalah hak prerogatif Ketua Umum PDI Perjuangan karena hal itu adalah amanat AD/ART Partai kami. Sementara wewenang untuk mengangkat seseorang menjadi menteri adalah hak prerogatif Presiden Joko Widodo," jelasnya.

Oleh sebab itu, Basarah mengimbau masyarakat tidak berspekulasi lebih jauh mengenai nama usulan pengganti Mensos. Ia meminta masyarakat menunggu keputusan Ketum PDIP Megawati.

"Jadi sebaiknya kita jangan mendahului dan tunggu saja keputusan Bu Mega untuk mengusulkan calon Mensos pengganti Juliari Batubara kepada Presiden Jokowi," pungkas Basarah.

Sebelumnya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini atau Risma diisukan mendapat tawaran mengisi posisi Mensos. Namun, pengamat politik dari Univeraitas Esa Unggul, Jamiludin Ritonga, menilai sosok Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah lebih cocok menjadi Mensos dibandingkan Risma.

"Ahmad Basarah dianggap lebih layak menjadi Mensos daripada Tri Rismahrini yang saat ini masih menjabat sebagai Wali Kota Surabaya," ujar Jamiludin.

(hel/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT