Asal Mula Istilah Kampret-Kadrun: Dari Persaingan Jokowi Vs Prabowo

Danu Damarjati - detikNews
Kamis, 17 Des 2020 16:01 WIB
Ilustrasi fokus (bukan buat insert) Setop Cebong-Kampret (Luthfy Syahban/detikcom)
Ilustrasi 'Cebong-Kampret' (Luthfy Syahban/detikcom)
Jakarta -

Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo meminta sebutan 'kadrun' dan 'kampret' dihentikan. Dua istilah itu berasal dari era persaingan Pilpres 2019 yang mempertemukan Joko Widodo (Jokowi) versus Prabowo Subianto.

Pada 2018, menjelang Pilpres, warganet (netizen) mulai sering menggunakan istilah cebong dan kampret. Kedua istilah itu mewakili pendukung dua capres. Cebong untuk menyebut pendukung Jokowi dan kampret untuk menyebut pendukung Prabowo Subianto.

Berdasarkan catatan pemberitaan detikcom mulai 8 Juli 2018, dai kondang Aa Gym sudah mulai berbicara soal cebong-kampret. Dia mengimbau agar panggilan cebong dan kampret dihentikan. Cikal-bakal istilah kampret bisa ditarik sampai ke 2014.

Istilah kampret

Istilah 'kampret' berasal dari plesetan 'KMP'. Aslinya, KMP adalah singkatan dari Koalisi Merah Putih (KMP), koalisi partai-partai pendukung Prabowo Subianto-Hatta Rajasa di Pilpres 2014. Isinya ada Gerindra, PAN, PPP, PKS, PBB, dan Partai Golkar.

Pada Pilpres 2019, KMP berlanjut dengan komposisi partai yang tidak lagi sebanyak era 2014. Istilah KMP sudah tidak terlalu sering digunakan, namun istilah pelesetannya, yakni 'kampret' tetap sering digunakan. Istilah itu sering sekali muncul di perdebatan media sosial, baik Twitter, Facebook, maupun lewat amatan politik yang muncul di berita-berita.

Pegiat dan pencinta bahasa Indonesia, Ivan Lanin, pernah mencuit di media sosial soal asal mula istilah populer ini. Demikian penjelasannya:

#etimologi julukan:
- cebong: Jokowi didukung anak katak (cebong) karena hobi memelihara katak.
- kampret: Prabowo didukung partai dalam Koalisi Merah Putih/KMP (KaMPret).

Selanjutnya, istilah 'kadrun' muncul:

Tonton video 'Gatot Nurmantyo Ajak Masyarakat Hilangkan Istilah 'Kadrun' dan 'Kampret'':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2