Ngapung Mau Berenang ke Malang, Begini Evakuasi Dedik di Pelabuhan Balikpapan

Budi Kurniawan - detikNews
Kamis, 17 Des 2020 13:06 WIB
Proses evakuasi Dedik Purnomo, pemuda yang nekat mau nyeberang dari Balikpapan ke Malang (dok Istimewa)
Proses evakuasi Dedik Purnomo, pemuda yang nekat hendak menyeberang dari Balikpapan ke Malang. (Foto: dok. Istimewa)
Balikpapan -

Dedik Purnomo (27) nekat berenang dari Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), untuk pulang kampung ke Malang, Jawa Timur. Tapi apa daya, dia sudah ditemukan terapung-apung di Pelabuhan Semayang Balikpapan.

Dedik ditemukan motoris speedboat dalam kondisi terapung di perairan pelabuhan dengan dua galon kosong yang dipeganginya. Awalnya, Dedik diduga hendak memancing.

"Kukira itu siang tadi cuma mau mancing dia. Kan memang sering orang mancing di situ. Jadi enggak curiga aja sama dia," kata anggota motoris speedboat, Aco, Kamis (17/12/2020).

Aco melihat Dedik menyeberang sebuah bebatuan besar yang sering disebut Pulau Tukung pada Rabu (16/12) pukul 12.00 Wita. Aco bersama rekannya sempat melihat Dedik duduk sambil sesekali berenang menggunakan galon kosong.

Aco sama sekali tak berpikir pemuda yang dilihatnya ingin berenang ke Pulau Jawa. Mereka tak menaruh curiga sedikit pun kepada pemuda yang dilihatnya.

"Sekalinya dia itu berenang ke arah tengah. Kita teriakin dia. Nggak dengar. Nah, mungkin karena capek, terbawa arus ke pinggir akhirnya," katanya.

Dedik ditemukan tak berdaya di laut. Aco bersama rekannya sempat menduga pemuda tersebut telah meninggal. Pasalnya, tubuh Dedik terapung terbawa arus hingga pinggir Pelabuhan Jetty Chevron. Mereka lalu melapor ke Polsek Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KPPP) Semayang.

"Ada temen yang lapor ke Polsek sana, kita di sini narik dia," kata Aco.

Bagaimana proses evakuasi Dedik selanjutnya? Simak di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2